Senin, 24 Juni 2013

RPP ASWAJA VIII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah           : SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran          : ASWAJA
Kelas   / Semester       : VIII ( Delapan ) / Ganjil
Alokasi Waktu           : 3 x 40 menit  ( 3xpertemuan)

Standar Kompetensi   : 1. Memahami hubungan antara NU dengan Ahlussunnah wal Jamaah.

Kompetensi Dasar       : 1.1. Mengidentifikasi Aswaja menurut rumusan NU
                                      1.2. Mendiskripsikan usaha NU dalam mempertahankan Aswaja
                                      1.3. Mendiskripsikan usaha NU dalam mengembangkan Aswaja.

Indikator                     : ~ Mendefinisikan arti Aswaja
                                      ~ Mendefinisikan Aswaja menurut rumusan NU
                                      ~ Mengidentifikasi usaha-usahan NU dalam mempertahankan Aswaja
                                      ~ Mengidentifikasi usaha-usaha NU dalam mengembangkan Aswaja.

A.    Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu untuk :
~ Mendefinisikan arti Aswaja
      ~ Mendefinisikan Aswaja menurut rumusan NU
      ~ Mengidentifikasi usaha-usahan NU dalam mempertahankan Aswaja
      ~ Mengidentifikasi usaha-usaha NU dalam mengembangkan Aswaja.

B.     Materi Pembelajaran
Nahdlatul Ulama dan Ahlussunnah Wal Jamaah

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Eksploratif

D.    Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi, dengan melakukan pretest untuk mengingat kembali pelajaran kelas    tujuh yang terkait dengan kelahiran NU.

  1. Kegiatan inti
a.       EKSPLORASI
-                                        Guru menjelaskan akar kata Ahlussunnah Wal Jamaah
-                                        Siswa mencari makna Ahlun, Assunnal dan al Jamaah.
-                                        Guru mengadakan tanya jawab tentang arti Ahlun, Assunah dan al Jamaah

b.      ELABORASI
-                                        Siswa mengidentifikasi pengertian Ahlussunnah Wal Jamaah
-                                        Siswa mengidentifikasi makna Assalafus Shalih
-          Siswa membedakan antara makna Assunnah Al Jamaah dengan Ahlussunah Wal Jamaah

c.       KONFIRMASI
-          Guru dengan siswa bersama-sama merumuskan pengertian Ahlussunnah Wal Jamaah yang sebenarnya.
-          Guru menulis hadits Nabi tentang perpecahan umat Islam diakhir zaman.
-          Guru mengkaitkan hadis Nabi tersebut dengan Ahlussunnah Wal Jamaah.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

  1. Penutup
-          Melakukan refleksi materi yang dibahas.
-          Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi, dengan melakukan pretest.

  1. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar tentang makna Ahlussunnah Wal Jamaah menurut rumusan jamiyah Nahdlatul Ulama.
~ Guru bertanya pada siswa tentang nama-nama madzhab empat, makna aqidah, fiqih dan tasawuf.

b.      ELABORASI
~ Guru bercerita pada siswa tentang peristiwa Imam Al Asy’ari keluar dari paham Mu’tazilah  dan kemudian merumuskan aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah.
~ Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengomentari cerita tersebut, misalnya siswa diminta untuk berpendapat alasan Imam Al Asy’ari keluar dari Mu’tazilah.
~ Guru bercerita tentang peristiwa bagaimana proses Imam Al Ghozali mengambil jalan sufistik.

c.       KONFIRMASI
~ Siswa dibantu guru merumuskan tentang makna Ahlussunnah Wal Jamaah versi NU.
~ Guru menunjukkan pada siswa  ibrah dari cerita tentang Imam Al Asy’ari dan Imam Al Ghozali.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
  1. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Guru menyuruh siswa untuk berdiri semua, guru menyanyi mars Ma’arif sambil diiringi tepuk tangan siswa.

  1. Kegiatan Inti
a.       EKSPLORASI
~ Guru menyuruh siswa untuk menyebutkan atau mengidentifikasi kegiatan keagamaan yang rutin diadakan ditempat tinggalnya masing-masing.
~ Jawaban siswa ditulis dipapan tulis dan menujuk salah seorang untuk membacanya dengan keras.
b.      ELABORASI
~ Siswa dengan dibantu guru menjelaskan satu persatu tentang kegiatan atau amaliyah keagamaan tersebut.
~ Guru menjelaskan reaksi ulama Pondok Pesantren terhadap upaya kelompok Pembaru untuk menghapus amaliyah keagamaan tersebut.
~ Siswa mengidentifikasi usaha-usaha yang dilakukan oleh NU dalam mengembangkan ajaran Aswaja di Indonesia, hasil identifikasi ditulis dibuku catatan
~ Menunjuk beberapa siswa untuk membaca hasil identifikasinya.

c.       KONFIRMASI
~ Guru menanggapi hasil identifikasi siswa tentang usaha NU dalam mengembangkan Aswaja.
~ Guru menunjukkan landasan hukum (dalil) amaliyah-amaliyah keagamaan tersebut.
~ Guru menanamkan doktrin pada siswa tentang manfaat-manfaat dari amaliyah-amaliyah tersebut.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

  1. Penutup.
~ Melakukan refleksi materi yang dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber dan Alat Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku Tahlil dalam prespektif Al Qur’an dan As Sunnah
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.



F.     Penilaian
~ Ulangan Harian
~ Pengamatan


Jabon,  3 November 2011

Mengetahui,                                                                Guru Mata Pelajaran Aswaja
            Kepala SMP Avisena




Ismachil Mahfudloh, S.Pd.                                        Misbachul Munir, S.Th.I
                                                                                                     










































Lampiran-1

Soal Ulangan Harian
  1. Jelaskan arti As Sunnah Al Jamaah !
  2. Jelaskan pengertian Ahlussunnah Wal Jamaah !
  3. Jelaskan pengertian Ahlussunnah Wal Jamaah menurut rumusan NU !
  4. Sunnah Nabi dibedakan menjadi 3 macam, sebutkan dan jelaskan masing-masing !
  5. Sebutkan nama-nama madzhab empat !
  6. Mengapa Imam Al Ghozali disebut Hujjatul Islam ?
  7. Kenapa ulama Pondok Pesantren menentang keras terhadap gerakan Pembaruan Islam !
  8. Sebutkan 4 sumber pokok hukum Islam
  9. Sebutkan amaliyah keagamaan yang dilestarikan oleh NU !
  10. Sebutkan 3 (tiga) usaha-usaha NU dalam mengembangkan Aswaja di Indonesia !



~ Skor nilai : Skor perolehan x 100
                  Skor maksimal

~ Skor tiap item 10
                             






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah           : SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran          : ASWAJA
Kelas / Semester         : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu           : 4X40 menit ( 4xpertemuan )

Standar Kompetensi   : 2. Memahami sistem bermadzhab dalam Ahlussunnah Wal Jamaah

Kompetensi Dasar       : 2.1. Mendiskripsikan madzhab
                                      2.2. Mendiskripsikan bermadzhab
                                      2.3. Mendiskripsikan sistem bermadzhab menurut Aswaja
                                      2.4. Mendiskripsikan fungsi dan keguanaan bermadzhab
                                      2.5. Mengidentifikasi contoh sistem bernadzhab

Indikator                     : ~ Mendefinisikan madzhab
                                      ~ Menjelaskan bermadzhab
                                      ~ Menjelaskan sistem bermadzhab menurut Aswaja
                                      ~ Menjelaskan fungsi dan kegunaan bermazhab
                                      ~ Menyebutkan contoh sistem bermadzhab.

A.    Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu untuk :
~ Mendefinisikan madzhab
~ Menjelaskan bermadzhab
      ~ Menjelaskan sistem bermadzhab menurut Aswaja
      ~ Menjelaskan fungsi dan kegunaan bermazhab
      ~ Menyebutkan contoh sistem bermadzhab.

B.     Materi Pembelajaran
~ Ahlussunnah Wal Jamaah dan Sistem Bermadzhab

C.    Metode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Diskusi
~ Eksploratif

D.    Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Menanyakan kesulitan soal ulangan harian pada pertemuan sebelumnya
~ Memberi motifasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas

  1. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar arti madzhab menurut bahasa dan istilah
~ Siswa mengidentifikasi nama-nama Imam madzhab pendiri madzhab empat dan kitab-kitab hasil karyanya.
~ Siswa mengidentifikasi untuk membedakan antara berdzhab secara qauli dengan bermadzhab secara manhaji.

b. ELABORASI
~ Guru mengklasifikasi macam-macam madzhab
~ Guru menjelaskan tentang talfiq
~ Guru menjelaskan sejarah masuknya madzhab Syafi’i ke Indonesia
c. KONFIRMASI
~ Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan pengertian madzhab menurut bahasa dan istilah, nama-nama pendiri madzhab empat dan kitab-kitab hasil karyanya.
~ Siswa dengan dibantu guru menyimpulkan tentang pengertian madzhab dan bermadzhab.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

  1. Penutup.
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Tanya jawab tentang materi KD pada pertemuan sebelumnya.
~ Memberi motifasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas.

  1. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa mengidentifikasi 5 alasan NU dalam menetapkan sistem bermadzhab hanya kepada empat madzhab.
~ Siswa dengan dibantu guru merumuskan syarat-syarat seorang mujtahid.
~ Guru menyampaikan sebuah topik tentang “ pintu ijtidad sudah tertutup atau masih terbuka”
~ Siswa melakukan diskusi dengan teman sebangkunya masing-masing.
b. ELABORASI
~ Siswa menyampaikan hasil diskusi dengan teman sebangkunya dan siswa yang lain memberi tanggapan.
c. KONFIRMASI
~ Guru menaggapi hasil diskusi siswa, selanjutnya menyampaikan informasi tentang ijtihad jama’i (kolektif) dan ijtihad fardi (perorangan) dan juga menghubungkan kegiatan Bahtsul Masail dengan ijitihad kolektif.
~ Siswa dengan dibantu guru menyimpulkan materi secara bersama.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
  1. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motifasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas.

  1. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa dengan dibantu guru membentuk menjadi 6-8 kelompok.
~ Siswa berdiskusi dengan topik “fungsi dan kegunaan bermadzhab dan contoh sistem bermadzhab”.
~ Siswa mendiskusikan hasil jawaban dengan teman sekelompoknya.
~ Siswa  menempelkan hasil diskusi dipapan.

b. ELABORASI
~ Hasil diskusi akan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.
c. KONFIRMASI
~  Waktunya tidak cukup, hasil diskusi akan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya dan masing-masing kelompok harus melakukan persiapan dirumah.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

  1. Penutup.
~ Guru mengambil jawaban siswa yang ditempel dipapan.
~ Mengingatkan kembali kelanjutan diskusi pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 4
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama.
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Membantu siswa untuk membentuk kelompok diskusi sesuai dengan pertemuan sebelumnya.

  1. Kegiatan Inti
a.  EKSPLORASI
~ Guru dengan dibantu siswa menempelkan lembar hasil diskusi dipapan tulis.
b.      ELABORASI
~ Setiap kelompok menyampaikan presentasi didepan kelas.
~ Kelompok lain memberi tanggapan.
c.       KONFIRMASI
~ Guru mencatat persoalan-persoalan yang diperdebatkan oleh siswa.
~ Guru memberi penjelasan tentang persoalan-persoalan tersebut.
~ Guru melakukan indoktrinasi pada siswa akan pentingnya bermadzhab dan akibat yang timbul apabila umat islam tidak bermadzhab.
~ Siswa dengan dibantu guru menyimpulkan materi.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

  1. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber dan Alat Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.

F. Penilaian
~ Ulangan Harian
~ Pengamatan

Jabon,  3 November 2011

Mengetahui,                                                                Guru Mata Pelajaran Aswaja
            Kepala SMP Avisena




Ismachil Mahfudloh, S.Pd.                                              Misbachul Munir, S.Th.I                                                                                              




















Lampiran -1

Soal Ulangan Harian
  1. Jelaskan pengertian madzhab baik menurut bahasa maupun Istilah !
  2. Jelaskan pengertian bermadzhab !
  3. Sebutkan nama-nama ulama pendiri madzhab empat !
  4. Jelaskan perbedaan antara mujtahid Mustaqil dengan mujtahid Muntashib !
  5. Sebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh seorang mujtahid !
  6. Jelaskan perbedaan antara bermadzhab secara qauli dengan bermadzhab secara manhaji !
  7. Sebutkan 3 alasan NU menetapkan bermadzhab hanya pada 4 madzhab !
  8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan talfiq !
  9. Sebutkan syarat-syarat boleh melakukan talfiq !
  10. Sebutkan 3 fungsi dan kegunaan bermadzhab !

~ Skor tiap item 10
~ Nilai = Jumlah skor yang diperoleh / skormaksimal x 100




Materi Diskusi !

Ø  Apakah dengan kita mengitu imam madzhab dalam mengamalkan ajaran Islam berarti kita meninggalkan Al Qur’an dan Hadis, jelaskan !
Ø  Madzhab fiqih jumlahnya sangat banyak, kenapa NU hanya menetapkan pada 4 madzhab saja, jelaskan !
Ø  Apa yang terjadi jika umat Islam diberi kebebasan sendiri memahami Al Quran dan Hadis dalam mengamalkan ajaran Islam !
Ø  Bolehkan dalam satu permasalahan ( satu qodhiyah) terdapat lebih dari satu imam madzhab, jelaskan !
Ø  Mengapa membaca fatihah tanpa basmalah dalam sholat, menurut madzhab Syafi’i sholatnya dihukumi tidak sah, jelaskan !














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah           : SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran          : ASWAJA
Kelas / Semester         : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu           : 4X40 menit ( 4xpertemuan )

Standar Kompetensi   : 3. Memahami kebenaran amaliyah NU

Kompetensi Dasar      : 3.1. mendiskripsikan amaliyah NU yang berakitan dengan kitab suci Al- Qur’an

Indikator                     : ~ Mendiskripsikan keutamaan memuliakan Al Qur’an
                                      ~ Mendiskripsikan keutamaan membaca Al Qur’an
                                      ~ Menyebutkan syarat-syarat membaca Al Qur’an
                       
A.    Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu untuk :
~ Mendiskripsikan keutamaan memuliakan Al Qur’an
~ Mendiskripsikan keutamaan membaca Al Qur’an
~ Menyebutkan syarat-syarat membaca Al Qur’an

B.     Materi Pembelajaran
~ Amaliyah Nahdlatul Ulama

C.    Metode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Penugasan
~ Eksploratif

D.    Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Menanyakan kesulitan soal ulangan harian pada pertemuan sebelumnya
~ Memberi motifasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas

2.      Kegiatan Inti
a.       EKSPLORASI
~ Guru menyuruh siswa untuk datang ke perpustakaan.
~ Guru menjelaskan tentang kedudukan Al Qur’an dalam hukum Islam, fungsi dan tujuan Al Qur’an diturunkan.
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar tentang pengertian Al qur’an, nama-nama lain Al Qur’an, wahyu yang pertama turun, wahyu yang terakhir turun, jumlah surat, jumlah ayat dan proses pembukuan Al Qur’an.

b.      ELABORASI
~ Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil identifikasinya kemudian menunjuk siswa lain untuk memberi tanggapan.
~ Guru dan siswa melakukan tanya jawab.


c.       KONFIRMASI
~ Guru meluruskan jawaban-jawaban yang sebenarnya.
~  Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3.      Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2
  1. Pendahuluan.
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Malakukan pretest.
~ Memberi motifasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas

  1. Kegiatan Inti
a.       EKSPLORASI
~ Guru menuliskan beberapa hadis Nabi yang berhubungan dengan anjuran mempelajari Al Qur’an
~ Siswa menulis dibuku catatan.

b.      ELABORASI
~ Siswa bersama-sama guru memahami kandungan yang terdapat pada hadis Nabi tersebut.
~ Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat-surat pendek dalam Al Qur’an.

c.       KONFIRMASI
~ Guru menyampaiakn cerita tentang keutamaan orang yang hafal Al Qur’an kelah diakherat.
~ Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran.

  1. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motifasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas

  1. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi untuk mengidentifikasi adab membaca Al Qur’an, menurut Imam Al Ghozali.
~ Guru memberi penjelasan tentang adab membaca Al Qur’an.

b. ELABORASI
~ Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang kasus-kasus dimasyarakat yang pernah ditemukan terkait dengan adab membaca Al Qur’an, misalnya membaca Al Qur’an tanpa menutup aurot secara lengkap.
~ Guru menjelaskan tentang orang hadas kecil dan hadas besar terkait dengan membaca dan menyentuh Al Qur’an.

c. KONFIRMASI
~ Guru menanggapi seluruh pertanyaan siswa dan meluruskan jawaban-jawaban siswa.
~ Siswa bersama-sama guru menyimpulkan materi pelajaran.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

  1. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 4
1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motifasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas

2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar tentang amaliyah NU yang terkait dengan membaca dan menyiarkan Al Qur’an.
~ Guru menjelaskan secara singkat tentang Takhtim Al Qur’an, Semaan Al Qur’an, Tadarus Al Qur’an dan MTQ.

b. ELABORASI
~ Guru memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa dan menyuruh siswa lain untuk memberikan tanggapan dari jawaban temannya.
~ Guru meluruskan jawaban-jawaban dari siswa.
~ Siswa menyampaikan pertanyaan kepada guru.

c. KONFIRMASI
~ Siswa bersama-sama guru menyimpulkan materi pelajaran.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber dan Alat Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.

F.     Penilaian
~ Pengamatan


Jabon,  3 November 2011

Mengetahui,                                                                Guru Mata Pelajaran Aswaja
            Kepala SMP Avisena




Ismachil Mahfudloh, S.Pd.                                              Misbachul Munir, S.Th.I                                                                                              





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah           : SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran          : ASWAJA
Kelas / Semester         : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu           : 4X40 menit ( 4xpertemuan )

Standar Kompetensi   : 3. Memahami kebenaran amaliyah NU

Kompetensi Dasar      : 3.2. mendiskripsikan amaliyah NU tentang qunut dan sholat Tarawih.

Indikator                     : ~ Menyebutkan macam-macam qunut.
                                      ~ Menyebutkan dalil naqli tentang qunut.
                                      ~ Mendiskripsikan doa qunut.
                                      ~ Hafal qunut shubuh
                                      ~ Mendiskripsikan sholat Tarawih
                                      ~ Menyebutkan dalil Naqli tentang shalat Tarawih 20 rakaat

                                                           
A.    Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu untuk :
~ Menyebutkan macam-macam qunut.
~ Menyebutkan dalil naqli tentang qunut.
~ Mendiskripsikan doa qunut.
~ Hafal qunut shubuh
~ Mendiskripsikan sholat Tarawih
~ Menyebutkan dalil Naqli tentang shalat Tarawih 20 rakaat

B.     Materi Pembelajaran
~ Amaliyah Nahdlatul Ulama

C.    Metode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Penugasan
~ Eksploratif

D.    Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
1.      Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motifasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas

2.      Kegiatan Inti
a.       EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar tentang macam-macam qunut yang diamalkan oleh warga NU.
~ Guru menyampaikan dalil naqli tentang qunut shubuh dan qunut witir.
~ Siswa mencatat dan guru menyuruh siswa untuk membaca serentak dalil naqli tersebut.

b.      ELABORASI
~ Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang qunut shubuh dan qunut witir.
~ Guru indroktrinasi pada siswa tentang amaliyah NU yang berkaitan dengan qunut shubuh dan qunut witir.

c.       KONFIRMASI
 ~ Siswa bersama-sama guru menyimpulkan materi pelajaran.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2
1.      Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motifasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas

2.      Kegiatan Inti
a.       EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar tentang qunut nazilah
~ Guru secara singkat menceritakan latar belakang dilakukan qunut nazilah oleh Rasulullah.
~ Guru menyampaikan doa qunut nazilah.
b.      ELABORASI
~ Siswa dan guru tanya jawab tentang qunut nazilah.
~ Guru menyuruh siswa untuk bersama-sama membaca doa qunut nazilah.
~ Guru menyampaikan manfaat apabila melakukan qunut nazilah.
c.       KONFIRMASI
~ Siswa bersama-sama guru menyimpulkan materi pelajaran.
~ Guru sekali lagi menyuruh siswa membaca bersama-sama  doa qunut nazilah.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.




Pertemuan 3
1.      Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motifasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas.

2.      Kegiatan Inti.
a.       EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar tentang shalat Tarawih.
~ Guru menjelaskan tentang proses sejarah sholat tarawih dari masa Rasulullah samapi masa masa khalifah Umar bin Khattab dan sampai sekarang.
b.      ELABORASI
~ Guru menjelaskan kedudukan hadis Nabi  yang disampaikan oleh Siti Aisyah dengan Ijma’ shahabat  pada masa Umar bin Khattab.
~ Siswa dan guru melakukan tanya jawab seputar shalat Tarawih.
c.       KONFIRMASI
~ Guru melakukan indoktrinasi pada siswa tentang shalat Trawih 20 rakaat.
~ Siswa bersama-sama guru menyimpulkan materi pelajaran.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


Pertemuan 4
1.      Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motifasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas.

2.      Kegiatan Inti
a.       EKSPLORASI
~ Guru manggil siswa sesuai nomor absen untuk maju kedepan menghafalkan doa qunut shubuh dan doa shalat Tarawih.
~ Guru menyampaikan kriteria penilain.

b.      ELABORASI
~ Siswa maju kedepan sesuai nomor absen menghafalkan doa qunut shubuh dan doa shalat Tarawih.

c.       KONFIRMASI
 ~ Guru menyampaikan kelemahan/ kekurangan-kekurangan siswa dan memotifasi untuk disempurnakan dirumah karena pentingnya bagi warga nahdliyin untuk hafal doa qunut shubuh dan doa shalat Tarawih..

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber dan Alat Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.


F.     Penilaian
~ Ulangan Harian
~ Tes Performent.

Jabon,  3 November 2011

Mengetahui,                                                                Guru Mata Pelajaran Aswaja
            Kepala SMP Avisena




Ismachil Mahfudloh, S.Pd.                                              Misbachul Munir, S.Th.I                                                                                              





















Lampiran-1


Soal Ulangan Harian
  1. Jelaskan pengertian Al Qur’an !
  2. Jelaskan fungsi dan tujuan Al Qur’an diturunkan !
  3. Tulislah sebuah hadis Nabi yang tentang keutamaan orang yang mempelajari Al Qur’an !
  4. Sebutkan 4 adab membaca Al Qur’an menurut Imam Al Ghozali !
  5. Jelaskan amaliyah NU berikut ini :
a.       Takhtim Al Qur’an
b.      Semaan Al Qur’an
c.       Tadarus Al Qur’a
d.      Musabaqoh Tilawatil Qur’an ( MTQ )
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sunnah Ab’ad !
  2. Sebutkan sebab-sebab dilakukanya qunut nazilah !
  3. Jelaskan latar belakang dilakukannya qunut Nazilah oleh Rasulullah SAW !
  4. Jelaskan hukum melakukan shalat Tarawih !
  5. Tulislah hadis Nabi yang artinya “ Maka wajib atasmu mengikuti sunnahku dan sunnah Khulafaur Rasyidin yang diberi petunjuk sesudah aku” !


~ Skor tiap item 10
~ Nilai = Jumlah skor yang diperoleh / skormaksimal x 100


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah           : SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran          : ASWAJA
Kelas / Semester         : VIII / Genap
Alokasi Waktu           : 3X40 menit ( 3xpertemuan )

Standar Kompetensi   : 4. Memahami sikap kemasyarakatan Nahdlatul Ulama

Kompetensi Dasar       : 4.1. Mendiskripsikan sikap Tawassuth dan I’tidal
                                      4.2. Mendiskripsikan sikap Tasamuh
                                      4.3. Mendiskripsikan sikap Tawazun

Indikator                     : ~ Mendefinisikan arti Tawassuth dan I’tidal
                                      ~ Menyebutkan dalil naqli tentang Tawassuth dan I’tidal
                                      ~ Mengidentifikasi contoh sikap Tawassuth dan I’tidal
                                      ~ Mendefinisikan arti Tasamuh
                                      ~ Menyebutkan dalil naqli tentang Tasamuh
                                      ~ Mengidentifikasi contoh sikap Tasamuh
                                      ~ Mendefinisikan arti Tawazun
                                      ~ Menyebutkan dalil naqli tentang Tawazun
                                      ~ Mengidentifikasi contoh sikap Tawazun.

A.    Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu untuk :
~ Mendefinisikan arti Tawassuth dan I’tidal
      ~ Menyebutkan dalil naqli tentang Tawassuth dan I’tidal
      ~ Mengidentifikasi contoh sikap Tawassuth dan I’tidal
      ~ Mendefinisikan arti Tasamuh
      ~ Menyebutkan dalil naqli tentang Tasamuh
      ~ Mengidentifikasi contoh sikap Tasamuh
      ~ Mendefinisikan arti Tawazun
      ~ Menyebutkan dalil naqli tentang Tawazun
      ~ Mengidentifikasi contoh sikap Tawazun.

B.     Materi Pembelajaran
Sikap Kemasyarakatan Nahdlatul Ulama

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Eksploratif

D. Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi.

2. Kegiatan inti
a.        EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar tentang arti Tawassuth dan I’tidal.
~ Guru menjelaskan tentang kelompok ekstrim kanan dan kelompok ekstrim kiri dalam Islam.
~ Guru menyampaikan dalil naqli yang terkait dengan Tawassuth dan I’tidal
~ Siswa bertanya jawab tentang makna adil yang sesungguhnya.

b.      ELABORASI
 ~ Siswa bertanya jawab tentang makna adil yang sesungguhnya.
~ Siswa dan guru bersama-sama mengidentifikasi contoh-contoh fakta peristiwa yang  terjadi dimasyarakat tentang sikap yang sesuai dan sikap yang bertentangan dengan konsep Tawassuth dan I’tidal.

c.       KONFIRMASI
~ Guru meluruskan jawaban-jawaban siswa.
~ Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi yang dibahas.
~ Guru melakukan indoktrinasi pada siswa.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2
1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi.

  1. Kegiatan Inti
a.       EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar tantang Tasamuh.
~ Guru menyampaikan dalil naqli tentang Tasamauh.
~ Guru menjelaskan Tri Ukhuwah ( ukhuwah Islamiyah, Wathaniyah dan Basyariyah ).

b.      ELABORASI
~ Siswa dan guru menganalisa contoh-contoh aspek kehidupan yang berhubungan dengan sikap tasamuh, seperti toleransi dalam keyakinan, perbedaan budaya, perbedaan pendapat dalam musyawarah dll.

c.       KONFIRMASI
~ Siswa dan guru bersama-sama menganalisis dampak positif dari sikap Tasamuh dan akibat yang timbul jika mengabaikan sikap tasamuh.
~ Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi yang dibahas.
~ Guru melakukan indoktrinasi pada siswa.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

  1. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3
1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi.

2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar tentang Tawazun
~ Guru menyampaikan dalil naqli tentang Tawazun.

b. ELABORASI
~ Siswa dan guru tanya jawab tentang contoh-contoh sikap Tawazun dalam kehidupan dimasyarakat dan contoh sikap yang bertentangan dengan Tawazun.
~ Guru menyampaikan perlunya sikap tawazun dalam berbagai aspek seperti antara penggunaan dalil naqli dan aqli, antara bekerja dan beribadah,  berusaha dan berdo’a dll.
~ Guru menyampaikan bahwa Tawazun adalah keseimbangan antara sombong dan rendah diri, antara boros dan kikir, dll.

c. KONFIRMASI
~ Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi yang dibahas.
~ Guru melakukan indoktrinasi.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3.  Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


E.     Sumber dan Alat Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.


F. Penilaian
~ Pengamatan


Jabon,  3 November 2011

 Mengetahui,                                                                      Guru Mata Pelajaran Aswaja
Kepala Sekolah SMP Avisena




Ismachil Mahfudloh, S.Pd.                                              Misbachul Munir, S.Th.I                                                                                              


































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah           : SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran          : ASWAJA
Kelas / Semester         : VIII / Genap
Alokasi Waktu           : 2X40 menit ( 2xpertemuan )

Standar Kompetensi   : 4. Memahami sikap kemasyarakatan Nahdlatul Ulama

Kompetensi Dasar       : 4.4. Amar Ma’ruf Nahi Munkar.

Indikator                     : ~ Mendefinisikan arti Amar Ma’ruf Nahi Munkar
                                      ~ Menyebutkan dalil naqli tentang Amar Ma’ruf Nahi Munkar
                                      ~ Mengidentifikasi strategi dalam berdakwah

A.    Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu untuk :
      ~ Mendefinisikan arti Amar Ma’ruf Nahi Munkar
      ~ Menyebutkan dalil naqli tentang Amar Ma’ruf Nahi Munkar
      ~ Mengidentifikasi strategi dalam berdakwah

B.     Materi Pembelajaran
Sikap Kemasyarakatan Nahdlatul Ulama

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Eksploratif
Diskusi
Penugasan

D. Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi.

2. Kegiatan inti
a.        EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar tentang pengertian amar ma’ruf nahi munkar
~ Guru menyampaikan dalil naqli tentang amar ma’ruf nahi munkar.

b.      ELABORASI
~ Siswa menunjukkan beberapa contoh kegiatan amar ma’ruf nahi munkar.
~ Guru menunjukkan beberapa strategi berdakwah “ bilhikmah” , seperti menunjukkan contoh perintah sholat dan larangan khomer dalam Al Qur’an.

c.       KONFIRMASI
~ Guru menunjukan contoh implementasi hadis rasul tentang tahapan mencegah kemungkaran dalam menyikapi kasus yang ada dimasyarakat.
~ Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi yang dibahas.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3.  Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1.Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi.

2. Kegiatan inti
a.        EKSPLORASI
~ Siswa dengan dibantu guru membentuk kelompok menjadi 7-8 kelompok.
~ Siswa berdiskusi tentang Tawassuth, I’tidal, Tasamuh, Tawazun dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar.
~ Masing-masing anggota kelompok menggali informasi.
~ Siswa bertukar informasi sesama anggota kelompoknya.
~ Hasil diskusi kelompok ditempel dipapan tulis.

b.      ELABORASI
~ Masing-masing kelompok melakukan prsentasi
~ Kelompok yang lain menanggapi .

c.          KONFIRMASI
~ Guru meluruskan permasalahan-permasalahan dari pertanyaan dan jawaban siswa.
~ Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3.  Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E. Sumber dan Alat Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.


F. Penilaian
~ Pengamatan/observasi
~ Tugas Kelompok
~ Ulangan Harian


Jabon,  3 November 2011

 Mengetahui,                                                                      Guru Mata Pelajaran Aswaja
Kepala Sekolah SMP Avisena




Ismachil Mahfudloh, S.Pd.                                              Misbachul Munir, S.Th.I                                                                                                          






































Lampiran-1


Materi Diskusi Kelompok

Ø  Tulislah contoh sikap yang mencerminkan Tawassuth dan sikap yang bertentangan dengan Tawassuth !
Ø  Seorang ayah memberi uang saku sekolah sama rata pada ketiga anaknya yang duduk dibangku MI, MTS dan MA, apakah hal tersebut menunjukan sikap adil, jelaskan !
Ø  Mengapa dalam masalah keyakinan kita dilarang bertoleransi, jelaskan dan tulis dalilnya !
Ø  Tulislah beberapa contoh yang merupakan implementasi dari sikap tawazun
Ø  Melaksanakan Amar Ma’ruf Nahi Munkar harus menggunakan cara, metode dan strategi yang tepat, jelaskan maksudnya.



Materi Tugas Kelompok

ü  Membuat keliping  minimal 10 lembar
ü  Tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang
ü  Bahan keliping dari koran atau surat kabat
ü  Keliping tentang :
  1. Kejadian atau permasalahan yang mencerminkan sikap Tawassuth dan kejadian atau permasalahan yang bertentangan dengan sikap Tawassuth.
  2. Kejadian atau permasalahan yang mencerminkan sikap I’tidal dan kejadian atau permasalahan yang bertentangan dengan sikap I’tidal
  3. Kejadian atau permasalahan yang mencerminkan sikap Tasamuh dan kejadian atau permasalahan yang bertentangan dengan sikap Tasamuh.
  4. Kejadian atau permasalahan yang mencerminkan sikap Tawazun dan kejadian atau permasalahan yang bertentangan dengan sikap Tawazun
  5. Kejadian atau permasalahan yang mencerminkan sikap Amar Ma’ruf Nahi Munkar.
















Lampiran-2


Soal Ulangan Harian SK/KD ( 4 / 4.1,4.2,4.3,4.4.)

1.      Jelaskan pengertian Tawassuth !
2.      Jelaskan pengertian adil/I’tidal dan berilah contonya !
3.      Jelaskan pengertian Tasamuh !
4.      Sebutkan isi Tri Ukhuwah !
5.      Kenapa kita tidak boleh bertoleransi dalam masalah agama !
6.      Jelaskan pengertian Tawazun !
7.      Sebutkan contoh sikap Tawazun seorang siswa !
8.      Jelaskan pengertian Amar Ma’ruf Nahi Munkar !
9.      Kita diperintahkan melakukan Amar Ma’ruf Nahi Munkar dengan cara “bilhikmah” jelaskan maksudnya !
10.  Tulislah tahapan-tahapan dalam mencegah kemungkaran berdasarkan hadis Nabi !


~ Skor tiap item 10
~ Nilai = jumlah skor yang diperoleh / skor maksimal x 100






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah           : SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran          : ASWAJA
Kelas / Semester         : VIII / Genap
Alokasi Waktu           : 3X40 menit ( 3 x pertemuan )

Standar Kompetensi   : 5. Memahami peran dan khidmah Nahdlatul Ulama

Kompetensi Dasar       : 5.1. Mendiskripsikan peran NU dalam bidang agama
Mendiskripsikan peran NU dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan.
Mendiskripsikan peran NU dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan
Mendiskripsikan peran NU dalam bidang seni dan budaya.

Indikator                     : ~ Menjelaskan peran NU dalam bidang agama
                                      ~ Menjelaskan peran NU dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan
                                      ~ Menjelaskan peran NU dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan
                                      ~ Menjelaskan peran NU dalam bidang seni dan budaya.

A.    Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu untuk :
~ Menjelaskan peran NU dalam bidang agama
~ Menjelaskan peran NU dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan
~ Menjelaskan peran NU dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan
~ Menjelaskan peran NU dalam bidang seni dan budaya

B.     Materi Pembelajaran
Khidmah Nahdlatul Ulama

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Eksploratif
Penugasan

D. Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi.
~ Menanyakan kesulitan-kesulitan ulangan harian pada pertemuan sebelumnya.
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi.

2. Kegiatan inti
a.       EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar untuk mengidentifikasi peranan NU dalam bidang pembinaan keberagamaan.
~ Guru menjelaskan kegiatan NU yang terkait dengan bidang keberagaan, seperti, Lailatul Ijtima, Majlis Ta’lim, Bahtsul Masa’il, PHBI, Lajnah Ta’lif wan Nashr dll.

b.      ELABORASI
~ Siswa dan guru mengidentifikasi tokoh-tokoh NU bidang keagamaan.
~ Siswa dan guru mengidentifikasi sumbangan NU bagi terciptanya pengamalan ajaran Islam, dan kerukunan umat beragama di Indonesia.

c.       KONFIRMASI
~ Siswa dan guru menyimpulkan usaha NU bidang keberagamaan.
  
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3.  Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2
1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi.
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi.

2. Kegiatan Inti
a.       EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar untuk mengidentifikasi peran NU dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan.
~ Siswa mengidentifikasi tokoh-tokoh NU yang punya peran besar terhadap bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan.

b.      ELABORASI
~ Siswa tanya jawab tentang perbedaan-perbedaan antara lembaga Ma’arif dengan lemabaga RMI.
~ Siswa dan guru mengidentifikasi lembaga-lembaga pendidikan berkualitas milik NU mulai tingkat dasar sampai perguruan tinggi.

c.       KONFIRMASI
~ Guru menaggapi pertanyaan-pertanyaan siswa dan bersama-sama siswa membangun konsep atau kesimpulan.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3. Penutup.
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3
1.      Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi.
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi.

2.      Kegiatan Inti
a.       EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar untuk mengidentifikasi peran NU dibidang kesejahteraan masyarakat dan bidang seni budaya.
~ Guru menunjukkan  contoh bentuk kegiatan NU bidang kesejahteraan masyarakat dan seni budaya.

b.      ELABORASI
~ Siswa dengan dibantu guru tanya jawab tentang Syirkah Taawuniyah, Mabadi Khoiro Ummah, Lakpesdam, Lesbumi dan ISHARI.

c.       KONFIRMASI
~ Guru mengulas dan meluruskan jawaban-jawaban siswa.
~ Siswa bersama-sama guru menyimpulkan materi pembahasan.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3.      Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E. Sumber dan Alat Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.

F. Penilaian
~ Pengamatan/observasi
Jabon,  3 November 2011

 Mengetahui,                                                                      Guru Mata Pelajaran Aswaja
Kepala Sekolah SMP Avisena




Ismachil Mahfudloh, S.Pd.                                        Misbachul Munir, S.Th.I    
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah           : SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran          : ASWAJA
Kelas / Semester         : VIII / Genap
Alokasi Waktu           : 2X40 menit ( 2 x pertemuan )

Standar Kompetensi   : 5. Memahami peran dan khidmah Nahdlatul Ulama

Kompetensi Dasar       : 5.5. Mendiskripsikan peran NU dibidang bela negara.

Indikator                     : ~ Menjelaskan peran NU dalam merebut kemerdekaan
                                      ~ Menjelaskan peran NU dalam penyusunan dasar negara
                                      ~ Menjelaskan perjalanan NU dalam bidang politik praktis
                                      ~ Menjelaskan Khittah NU

A.    Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu untuk :
      ~ Menjelaskan peran NU dalam merebut kemerdekaan
      ~ Menjelaskan peran NU dalam penyusunan dasar negara
      ~ Menjelaskan perjalanan NU dalam bidang politik praktis
      ~ Menjelaskan Khittah NU

B.     Materi Pembelajaran
Khidmah Nahdlatul Ulama

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Eksploratif
Penugasan
Diskusi

D. Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi.
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi.

2. Kegiatan inti
a.       EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar tentang peran NU bidang bela negara
~ Guru menjelaskan bentuk-bentuk strategi perjuangan Ulama NU dalam melawan penjajah, seperti pembentengan aqidah, lobi dan diplomasi serta mengangkat senjata
~ Guru menjelaskan tentang GOLD, GLORY dan GOSPEL.
~ Guru menjelaskan hubungan antara Resolusi Jihad yang dikelurkan PBNU dengan Pertempuran 10 Nopember di Surabaya.
b.      ELABORASI
~ Siswa dengan dipandu guru tanya jawab tentang perjalanan politik NU.
~ Guru menjelaskan makna kembali ke Khittah dalam menyikapi hubungan NU dengan partai politik pada masa sekarang.

c. KONFIRMASI
~ Siswa bersama-sama guru menyimpulkan materi pembahasan.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2

  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi.
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi.

2. Kegiatan inti
a.       EKSPLORASI
~ Siswa dengan dibantu guru membentuk kelompok menjadi 7-8 kelompok.
~ Masing-masing anggota kelompok mengidentifikasi dari sumber belajar.
~ antar anggota kelompok melakukan tukar pendapat untuk merumuskan jawaban.
~ Kelompok yang sudah selesai menempelkan hasil diskusi di papan.
b.      ELABORASI
~ Masing-masing kelompok diberi kesempatan presentasi selama 5 menit.
~ Kelompok yang lain memberi tanggapan.
c.       KONFIRMASI
~ Guru meluruskan pertanyaan dan jawaban siswa.
~ Siswa dengan dibantu guru menyimpulkan materi pembahasan.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E. Sumber dan Alat Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.

F. Penilaian
~ Pengamatan/observasi
~ Ulangan Harian.



Jabon,  3 November 2011

 Mengetahui,                                                                      Guru Mata Pelajaran Aswaja
Kepala Sekolah SMP Avisena




Ismachil Mahfudloh, S.Pd.                                              Misbachul Munir, S.Th.I                                                                                                          






































Lampiran-1

Soal Ulangan Harian
  1. Sebutkan 3 bentuk kegiatan NU yang berkaitan dengan bidang pembinaan keberagamaan !
  2. Sebutkan 2 tokoh NU dalam bidang keagamaan !
  3. Jelaskan tugas Lajnah Ta’lif wan Nashr !
  4. Jelaskan tugas LP. Ma’arif dan RMI !
  5. Sebutkan 3 tokoh NU yang pernah menjabat sebagai Menteri Agama RI !
  6. Siapa yang memelopori berdirinya Syirkah Ta’awuniyah ?
  7. Jelaskan peran H.Jamaluddin Malik !
  8. Sebutkan 2 laskar perang yang dibentuk NU untuk mengusir penjajah !
  9. Siapa tokoh NU yang ikut tergabung dalam penyusunan Piagam Jakarta ?
  10. Dimanakah tempat berlangsungnya Muktamar NU ke-27 ?

~ Skor tiap item 10
~ Nilai = Jumlah skor yang diperoleh / jumlah skor maksimal x 100



Materi Diskusi Kelompok !
ü  Apakah NU punya andil besar dalam mencerdaskan atau membangun SDM bangsa Indonesia, jelaskan !
ü  Apa yang dilakukan oleh NU dalam rangka untuk menyejahterakan anggotanya !
ü  Buktikan kalau NU punya andil besar dalam membela negara !
ü  Jelaskan kalau Resolusi Jihad punya pengaruh besar terhadap pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya !
ü  Uraikan kronologis perjalanan politik NU mulai dari NU bergabung dengan Masyumi sampai kembali ke Khittah 1926 !













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah           : SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran          : ASWAJA
Kelas / Semester         : VIII / Genap
Alokasi Waktu           : 2X40 menit ( 2 x pertemuan )

Standar Kompetensi   : 6. Memahami kebesaran jamiyah Nahdlatul Ulama

Kompetensi Dasar       : 6.1. Mendiskripsikan faktor-faktor pendukung kebesaran NU

Indikator                     : ~ Menjelaskan faham keagamaan NU
                                      ~ Menjelaskan kepemimpinan Ulama
                                      ~ Menjelaskan keanggotaan NU
                                   
A.    Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu untuk :
      ~ Menjelaskan faham keagamaan NU
      ~ Menjelaskan kepemimpinan Ulama
      ~ Menjelaskan keanggotaan NU

B.     Materi Pembelajaran
Kebesaran NU dan Faktor Pendukungnya

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Eksploratif
Penugasan

D. Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi.
~ Menanyakan kesulitan-kesulitan ulangan harian pada pertemuan sebelumnya
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi.

2. Kegiatan inti
a.       EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar untuk mencari faktor-faktor pendukung kebesaran NU
~ Guru menjelaskan pengaruh Ulama terhadap kebesaran NU, dan pengaruh tradisi, nasab terhadap kebesaran NU.

b.      ELABORASI
~ Siswa dan guru tanya jawab tentang faktor-faktor pendukung kebesaran NU

c.       KONFIRMASI
~ Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi yang dibahas.



Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi.
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi.

  1. Kegiatan Inti
a.       EKSPLORASI
~ Guru membagikan kertas pada seluruh siswa
~ Siswa menulis sebuah pertanyaan yang terkait dengan faktor-faktor pendukung kebesaran NU
~ Setelah selesai menulis pertanyaan, kertas dilipan kemudian dikumpulkan.

b.      ELABORASI
~ Guru mengambil pertanyaan siswa secara acak dan menyuruh salah seorang siswa untuk membaca soal tersebut kemudian menanggapinya.
~ Jawaban siswa dilempar untuk ditanggapi oleh siswa yang lain.

c.       KONFIRMASI
 ~ Guru meluruskan pertanyaan dan jawaban siswa
~ Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.

Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.

3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E. Sumber dan Alat Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.


F. Penilaian
~ Pengamatan/observasi
~ Ulangan Harian. ( mengerjakan latihan dibuku paket ).


Jabon,  3 November 2011

 Mengetahui,                                                                      Guru Mata Pelajaran Aswaja
Kepala Sekolah SMP Avisena




Ismachil Mahfudloh, S.Pd.                                              Misbachul Munir, S.Th.I                                                                                                          

2 komentar: