RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas / Semester :
VIII ( Delapan ) / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit ( 3xpertemuan)
Standar
Kompetensi : 1. Memahami hubungan antara
NU dengan Ahlussunnah wal Jamaah.
Kompetensi Dasar :
1.1. Mengidentifikasi Aswaja menurut rumusan NU
1.2. Mendiskripsikan usaha NU dalam
mempertahankan Aswaja
1.3.
Mendiskripsikan usaha NU dalam mengembangkan Aswaja.
Indikator : ~ Mendefinisikan arti
Aswaja
~ Mendefinisikan Aswaja menurut rumusan NU
~ Mengidentifikasi usaha-usahan NU dalam
mempertahankan Aswaja
~ Mengidentifikasi usaha-usaha NU dalam
mengembangkan Aswaja.
A.
Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu
untuk :
~ Mendefinisikan arti Aswaja
~ Mendefinisikan Aswaja menurut rumusan
NU
~ Mengidentifikasi usaha-usahan NU dalam
mempertahankan Aswaja
~ Mengidentifikasi usaha-usaha NU dalam mengembangkan Aswaja.
B.
Materi Pembelajaran
Nahdlatul Ulama dan Ahlussunnah
Wal Jamaah
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Eksploratif
D.
Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
- Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motivasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi
materi, dengan melakukan pretest untuk mengingat kembali pelajaran kelas tujuh yang terkait dengan kelahiran NU.
- Kegiatan inti
a.
EKSPLORASI
-
Guru menjelaskan akar kata
Ahlussunnah Wal Jamaah
-
Siswa mencari makna Ahlun,
Assunnal dan al Jamaah.
-
Guru mengadakan tanya jawab
tentang arti Ahlun, Assunah dan al Jamaah
b.
ELABORASI
-
Siswa mengidentifikasi pengertian
Ahlussunnah Wal Jamaah
-
Siswa mengidentifikasi makna
Assalafus Shalih
-
Siswa membedakan antara makna
Assunnah Al Jamaah dengan Ahlussunah Wal Jamaah
c. KONFIRMASI
-
Guru dengan siswa bersama-sama
merumuskan pengertian Ahlussunnah Wal Jamaah yang sebenarnya.
-
Guru menulis hadits Nabi tentang
perpecahan umat Islam diakhir zaman.
-
Guru mengkaitkan hadis Nabi
tersebut dengan Ahlussunnah Wal Jamaah.
Implementasi Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa
memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak
memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan
hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang
baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok
lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya
dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu
jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak
mengetahui sesuatu.
- Penutup
-
Melakukan refleksi materi yang dibahas.
-
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
- Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motivasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi, dengan melakukan pretest.
- Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa menggali
informasi dari sumber belajar tentang makna Ahlussunnah Wal Jamaah menurut
rumusan jamiyah Nahdlatul Ulama.
~ Guru
bertanya pada siswa tentang nama-nama madzhab empat, makna aqidah, fiqih dan
tasawuf.
b.
ELABORASI
~ Guru
bercerita pada siswa tentang peristiwa Imam Al Asy’ari keluar dari paham
Mu’tazilah dan kemudian merumuskan
aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah.
~ Guru
menunjuk beberapa siswa untuk mengomentari cerita tersebut, misalnya siswa
diminta untuk berpendapat alasan Imam Al Asy’ari keluar dari Mu’tazilah.
~ Guru
bercerita tentang peristiwa bagaimana proses Imam Al Ghozali mengambil jalan
sufistik.
c.
KONFIRMASI
~ Siswa
dibantu guru merumuskan tentang makna Ahlussunnah Wal Jamaah versi NU.
~ Guru
menunjukkan pada siswa ibrah dari cerita
tentang Imam Al Asy’ari dan Imam Al Ghozali.
Implementasi Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa
memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak
memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan
hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang
baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok
lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya
dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu
jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak
mengetahui sesuatu.
- Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3
- Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
~ Guru
menyuruh siswa untuk berdiri semua, guru menyanyi mars Ma’arif sambil diiringi
tepuk tangan siswa.
- Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
~ Guru
menyuruh siswa untuk menyebutkan atau mengidentifikasi kegiatan keagamaan yang
rutin diadakan ditempat tinggalnya masing-masing.
~ Jawaban
siswa ditulis dipapan tulis dan menujuk salah seorang untuk membacanya dengan
keras.
b.
ELABORASI
~ Siswa dengan
dibantu guru menjelaskan satu persatu tentang kegiatan atau amaliyah keagamaan
tersebut.
~ Guru
menjelaskan reaksi ulama Pondok Pesantren terhadap upaya kelompok Pembaru untuk
menghapus amaliyah keagamaan tersebut.
~ Siswa
mengidentifikasi usaha-usaha yang dilakukan oleh NU dalam mengembangkan ajaran
Aswaja di Indonesia, hasil identifikasi ditulis dibuku catatan
~ Menunjuk
beberapa siswa untuk membaca hasil identifikasinya.
c.
KONFIRMASI
~ Guru menanggapi
hasil identifikasi siswa tentang usaha NU dalam mengembangkan Aswaja.
~ Guru menunjukkan landasan hukum (dalil)
amaliyah-amaliyah keagamaan tersebut.
~ Guru
menanamkan doktrin pada siswa tentang manfaat-manfaat dari amaliyah-amaliyah
tersebut.
Implementasi Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa
memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak
memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan
hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang
baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok
lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya
dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu
jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak
mengetahui sesuatu.
- Penutup.
~ Melakukan refleksi materi yang dibahas.
~ Guru
menyampaikan rencana ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
E.
Sumber dan Alat
Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah
amaliyah dan tradisi.
~ Buku Tahlil dalam prespektif Al
Qur’an dan As Sunnah
~ Buku NU dan Islam di Indonesia,
tinjauan fiqih dalam politik.
F.
Penilaian
~ Ulangan Harian
~ Pengamatan
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Kepala SMP
Avisena
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
Lampiran-1
Soal
Ulangan Harian
- Jelaskan arti As Sunnah Al Jamaah !
- Jelaskan pengertian Ahlussunnah Wal Jamaah !
- Jelaskan pengertian Ahlussunnah Wal Jamaah menurut rumusan NU !
- Sunnah Nabi dibedakan menjadi 3 macam, sebutkan dan jelaskan masing-masing !
- Sebutkan nama-nama madzhab empat !
- Mengapa Imam Al Ghozali disebut Hujjatul Islam ?
- Kenapa ulama Pondok Pesantren menentang keras terhadap gerakan Pembaruan Islam !
- Sebutkan 4 sumber pokok hukum Islam
- Sebutkan amaliyah keagamaan yang dilestarikan oleh NU !
- Sebutkan 3 (tiga) usaha-usaha NU dalam mengembangkan Aswaja di Indonesia !
~ Skor nilai : Skor perolehan x 100
Skor maksimal
~ Skor tiap item 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas /
Semester : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu : 4X40 menit ( 4xpertemuan )
Standar Kompetensi :
2. Memahami sistem bermadzhab dalam Ahlussunnah Wal Jamaah
Kompetensi Dasar :
2.1. Mendiskripsikan madzhab
2.2. Mendiskripsikan bermadzhab
2.3. Mendiskripsikan sistem bermadzhab
menurut Aswaja
2.4. Mendiskripsikan fungsi dan keguanaan
bermadzhab
2.5. Mengidentifikasi contoh sistem
bernadzhab
Indikator : ~ Mendefinisikan madzhab
~ Menjelaskan bermadzhab
~ Menjelaskan sistem bermadzhab menurut
Aswaja
~ Menjelaskan fungsi dan kegunaan bermazhab
~ Menyebutkan contoh sistem bermadzhab.
A.
Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu
untuk :
~ Mendefinisikan madzhab
~ Menjelaskan bermadzhab
~ Menjelaskan
sistem bermadzhab menurut Aswaja
~ Menjelaskan
fungsi dan kegunaan bermazhab
~ Menyebutkan
contoh sistem bermadzhab.
B.
Materi Pembelajaran
~ Ahlussunnah Wal Jamaah dan
Sistem Bermadzhab
C.
Metode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Diskusi
~ Eksploratif
D.
Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
- Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Menanyakan
kesulitan soal ulangan harian pada pertemuan sebelumnya
~ Memberi
motifasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
- Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa
menggali informasi dari sumber belajar arti madzhab menurut bahasa dan istilah
~ Siswa
mengidentifikasi nama-nama Imam madzhab pendiri madzhab empat dan kitab-kitab
hasil karyanya.
~ Siswa
mengidentifikasi untuk membedakan antara berdzhab secara qauli dengan
bermadzhab secara manhaji.
b. ELABORASI
~ Guru mengklasifikasi macam-macam
madzhab
~ Guru menjelaskan tentang talfiq
~ Guru menjelaskan sejarah masuknya
madzhab Syafi’i ke Indonesia
c. KONFIRMASI
~ Guru menunjuk beberapa siswa untuk
membacakan pengertian madzhab menurut bahasa dan istilah, nama-nama pendiri
madzhab empat dan kitab-kitab hasil karyanya.
~ Siswa dengan dibantu guru menyimpulkan tentang
pengertian madzhab dan bermadzhab.
Implementasi Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa
memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak
memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan
hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang
baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok
lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya
dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu
jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak
mengetahui sesuatu.
- Penutup.
~ Melakukan
refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
- Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~
Tanya jawab tentang materi KD pada pertemuan sebelumnya.
~ Memberi
motifasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas.
- Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa
mengidentifikasi 5 alasan NU dalam menetapkan sistem bermadzhab hanya kepada
empat madzhab.
~ Siswa dengan
dibantu guru merumuskan syarat-syarat seorang mujtahid.
~ Guru
menyampaikan sebuah topik tentang “ pintu ijtidad sudah tertutup atau masih
terbuka”
~ Siswa melakukan diskusi dengan teman sebangkunya
masing-masing.
b. ELABORASI
~ Siswa menyampaikan hasil diskusi dengan teman
sebangkunya dan siswa yang lain memberi tanggapan.
c. KONFIRMASI
~ Guru menaggapi hasil diskusi siswa, selanjutnya
menyampaikan informasi tentang ijtihad jama’i (kolektif) dan ijtihad fardi
(perorangan) dan juga menghubungkan kegiatan Bahtsul Masail dengan ijitihad
kolektif.
~ Siswa dengan dibantu guru menyimpulkan materi
secara bersama.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab,
Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar
mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
- Penutup
~ Melakukan
refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3
- Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motifasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas.
- Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa dengan
dibantu guru membentuk menjadi 6-8 kelompok.
~ Siswa
berdiskusi dengan topik “fungsi dan kegunaan bermadzhab dan contoh sistem
bermadzhab”.
~ Siswa
mendiskusikan hasil jawaban dengan teman sekelompoknya.
~ Siswa
menempelkan hasil diskusi dipapan.
b. ELABORASI
~ Hasil diskusi akan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.
c. KONFIRMASI
~
Waktunya tidak cukup, hasil diskusi akan dipresentasikan pada pertemuan
berikutnya dan masing-masing kelompok harus melakukan persiapan dirumah.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab,
Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar
mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
- Penutup.
~ Guru
mengambil jawaban siswa yang ditempel dipapan.
~ Mengingatkan kembali kelanjutan diskusi pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan 4
- Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama.
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Membantu
siswa untuk membentuk kelompok diskusi sesuai dengan pertemuan sebelumnya.
- Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Guru dengan
dibantu siswa menempelkan lembar hasil diskusi dipapan tulis.
b.
ELABORASI
~ Setiap
kelompok menyampaikan presentasi didepan kelas.
~ Kelompok
lain memberi tanggapan.
c.
KONFIRMASI
~ Guru
mencatat persoalan-persoalan yang diperdebatkan oleh siswa.
~ Guru memberi
penjelasan tentang persoalan-persoalan tersebut.
~ Guru
melakukan indoktrinasi pada siswa akan pentingnya bermadzhab dan akibat yang
timbul apabila umat islam tidak bermadzhab.
~ Siswa dengan
dibantu guru menyimpulkan materi.
Implementasi Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa
memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak
memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan
hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang
baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok
lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya
dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu
jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak
mengetahui sesuatu.
- Penutup
~ Melakukan
refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E.
Sumber dan Alat
Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah
amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif
Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia,
tinjauan fiqih dalam politik.
F. Penilaian
~ Ulangan Harian
~ Pengamatan
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Kepala SMP
Avisena
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
Lampiran -1
Soal Ulangan Harian
- Jelaskan pengertian madzhab baik menurut bahasa maupun Istilah !
- Jelaskan pengertian bermadzhab !
- Sebutkan nama-nama ulama pendiri madzhab empat !
- Jelaskan perbedaan antara mujtahid Mustaqil dengan mujtahid Muntashib !
- Sebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh seorang mujtahid !
- Jelaskan perbedaan antara bermadzhab secara qauli dengan bermadzhab secara manhaji !
- Sebutkan 3 alasan NU menetapkan bermadzhab hanya pada 4 madzhab !
- Jelaskan apa yang dimaksud dengan talfiq !
- Sebutkan syarat-syarat boleh melakukan talfiq !
- Sebutkan 3 fungsi dan kegunaan bermadzhab !
~ Skor tiap item
10
~ Nilai = Jumlah
skor yang diperoleh / skormaksimal x 100
Materi Diskusi !
Ø
Apakah dengan kita mengitu
imam madzhab dalam mengamalkan ajaran Islam berarti kita meninggalkan Al Qur’an
dan Hadis, jelaskan !
Ø
Madzhab fiqih jumlahnya
sangat banyak, kenapa NU hanya menetapkan pada 4 madzhab saja, jelaskan !
Ø
Apa yang terjadi jika umat
Islam diberi kebebasan sendiri memahami Al Quran dan Hadis dalam mengamalkan
ajaran Islam !
Ø
Bolehkan dalam satu
permasalahan ( satu qodhiyah) terdapat lebih dari satu imam madzhab, jelaskan !
Ø
Mengapa membaca fatihah
tanpa basmalah dalam sholat, menurut madzhab Syafi’i sholatnya dihukumi tidak
sah, jelaskan !
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas /
Semester : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu : 4X40 menit ( 4xpertemuan )
Standar
Kompetensi : 3. Memahami kebenaran
amaliyah NU
Kompetensi
Dasar : 3.1. mendiskripsikan
amaliyah NU yang berakitan dengan kitab suci Al- Qur’an
Indikator :
~ Mendiskripsikan keutamaan memuliakan Al Qur’an
~ Mendiskripsikan keutamaan membaca Al Qur’an
~ Menyebutkan syarat-syarat membaca Al Qur’an
A.
Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu
untuk :
~ Mendiskripsikan keutamaan
memuliakan Al Qur’an
~ Mendiskripsikan keutamaan
membaca Al Qur’an
~ Menyebutkan syarat-syarat membaca Al Qur’an
B.
Materi Pembelajaran
~ Amaliyah Nahdlatul Ulama
C.
Metode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Penugasan
~ Eksploratif
D.
Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Menanyakan
kesulitan soal ulangan harian pada pertemuan sebelumnya
~ Memberi
motifasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
2.
Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
~ Guru menyuruh siswa untuk
datang ke perpustakaan.
~ Guru
menjelaskan tentang kedudukan Al Qur’an dalam hukum Islam, fungsi dan tujuan Al
Qur’an diturunkan.
~ Siswa
menggali informasi dari sumber belajar tentang pengertian Al qur’an, nama-nama
lain Al Qur’an, wahyu yang pertama turun, wahyu yang terakhir turun, jumlah surat, jumlah ayat dan
proses pembukuan Al Qur’an.
b.
ELABORASI
~ Guru menunjuk beberapa siswa
untuk membacakan hasil identifikasinya kemudian menunjuk siswa lain untuk
memberi tanggapan.
~ Guru dan siswa melakukan tanya
jawab.
c.
KONFIRMASI
~ Guru meluruskan jawaban-jawaban
yang sebenarnya.
~ Siswa dan guru bersama-sama
menyimpulkan materi pelajaran.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab,
Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar
mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3.
Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
- Pendahuluan.
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Malakukan
pretest.
~ Memberi
motifasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
- Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
~ Guru
menuliskan beberapa hadis Nabi yang berhubungan dengan anjuran mempelajari Al
Qur’an
~ Siswa menulis dibuku catatan.
b.
ELABORASI
~ Siswa
bersama-sama guru memahami kandungan yang terdapat pada hadis Nabi tersebut.
~ Guru
menunjuk beberapa siswa untuk membaca surat-surat pendek dalam Al Qur’an.
c.
KONFIRMASI
~ Guru
menyampaiakn cerita tentang keutamaan orang yang hafal Al Qur’an kelah diakherat.
~ Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi
pelajaran.
- Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3
- Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motifasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
- Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa
menggali informasi untuk mengidentifikasi adab membaca Al Qur’an, menurut Imam
Al Ghozali.
~ Guru memberi
penjelasan tentang adab membaca Al Qur’an.
b. ELABORASI
~ Siswa dan
guru melakukan tanya jawab tentang kasus-kasus dimasyarakat yang pernah
ditemukan terkait dengan adab membaca Al Qur’an, misalnya membaca Al Qur’an
tanpa menutup aurot secara lengkap.
~ Guru
menjelaskan tentang orang hadas kecil dan hadas besar terkait dengan membaca
dan menyentuh Al Qur’an.
c. KONFIRMASI
~ Guru
menanggapi seluruh pertanyaan siswa dan meluruskan jawaban-jawaban siswa.
~ Siswa bersama-sama guru menyimpulkan materi
pelajaran.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab,
Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar
mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
- Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 4
1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan
do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motifasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang
akan dibahas
2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa
menggali informasi dari sumber belajar tentang amaliyah NU yang terkait dengan
membaca dan menyiarkan Al Qur’an.
~ Guru
menjelaskan secara singkat tentang Takhtim Al Qur’an, Semaan Al Qur’an, Tadarus
Al Qur’an dan MTQ.
b. ELABORASI
~ Guru
memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa dan menyuruh siswa lain untuk
memberikan tanggapan dari jawaban temannya.
~ Guru
meluruskan jawaban-jawaban dari siswa.
~ Siswa menyampaikan pertanyaan kepada guru.
c. KONFIRMASI
~ Siswa bersama-sama guru menyimpulkan materi
pelajaran.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab,
Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar
mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E.
Sumber dan Alat
Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah
amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif
Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia,
tinjauan fiqih dalam politik.
F.
Penilaian
~ Pengamatan
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Kepala SMP
Avisena
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas /
Semester : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu : 4X40 menit ( 4xpertemuan )
Standar
Kompetensi : 3. Memahami kebenaran
amaliyah NU
Kompetensi
Dasar : 3.2. mendiskripsikan
amaliyah NU tentang qunut dan sholat Tarawih.
Indikator :
~ Menyebutkan macam-macam qunut.
~ Menyebutkan dalil naqli tentang qunut.
~ Mendiskripsikan doa qunut.
~ Hafal
qunut shubuh
~ Mendiskripsikan sholat Tarawih
~ Menyebutkan dalil Naqli tentang shalat Tarawih
20 rakaat
A.
Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu
untuk :
~ Menyebutkan macam-macam qunut.
~ Menyebutkan dalil naqli tentang
qunut.
~ Mendiskripsikan doa qunut.
~ Hafal qunut shubuh
~ Mendiskripsikan sholat Tarawih
~ Menyebutkan dalil Naqli tentang
shalat Tarawih 20 rakaat
B.
Materi Pembelajaran
~ Amaliyah Nahdlatul Ulama
C.
Metode Pembelajaran
~ Ceramah
~ Tanya Jawab
~ Penugasan
~ Eksploratif
D.
Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motifasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
2.
Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
~ Siswa
menggali informasi dari sumber belajar tentang macam-macam qunut yang diamalkan
oleh warga NU.
~ Guru menyampaikan dalil naqli
tentang qunut shubuh dan qunut witir.
~ Siswa mencatat dan guru
menyuruh siswa untuk membaca serentak dalil naqli tersebut.
b.
ELABORASI
~ Siswa dan
guru melakukan tanya jawab tentang qunut shubuh dan qunut witir.
~ Guru
indroktrinasi pada siswa tentang amaliyah NU yang berkaitan dengan qunut shubuh
dan qunut witir.
c.
KONFIRMASI
~ Siswa bersama-sama guru menyimpulkan materi pelajaran.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab,
Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar
mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1.
Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motifasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
2.
Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari
sumber belajar tentang qunut nazilah
~ Guru secara singkat
menceritakan latar belakang dilakukan qunut nazilah oleh Rasulullah.
~ Guru menyampaikan doa qunut
nazilah.
b.
ELABORASI
~ Siswa dan guru tanya jawab
tentang qunut nazilah.
~ Guru menyuruh siswa untuk
bersama-sama membaca doa qunut nazilah.
~ Guru menyampaikan manfaat
apabila melakukan qunut nazilah.
c.
KONFIRMASI
~ Siswa bersama-sama guru menyimpulkan materi pelajaran.
~ Guru sekali lagi menyuruh siswa membaca bersama-sama doa qunut nazilah.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab,
Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar
mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3
1.
Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motifasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas.
2.
Kegiatan Inti.
a. EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari
sumber belajar tentang shalat Tarawih.
~ Guru
menjelaskan tentang proses sejarah sholat tarawih dari masa Rasulullah samapi
masa masa khalifah Umar bin Khattab dan sampai sekarang.
b. ELABORASI
~ Guru
menjelaskan kedudukan hadis Nabi yang
disampaikan oleh Siti Aisyah dengan Ijma’ shahabat pada masa Umar bin Khattab.
~ Siswa dan
guru melakukan tanya jawab seputar shalat Tarawih.
c. KONFIRMASI
~ Guru melakukan indoktrinasi
pada siswa tentang shalat Trawih 20 rakaat.
~ Siswa bersama-sama guru menyimpulkan materi pelajaran.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab,
Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar
mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 4
1.
Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motifasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas.
2.
Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Guru manggil
siswa sesuai nomor absen untuk maju kedepan menghafalkan doa qunut shubuh dan
doa shalat Tarawih.
~ Guru
menyampaikan kriteria penilain.
b. ELABORASI
~ Siswa maju
kedepan sesuai nomor absen menghafalkan doa qunut shubuh dan doa shalat
Tarawih.
c. KONFIRMASI
~ Guru menyampaikan kelemahan/
kekurangan-kekurangan siswa dan memotifasi untuk disempurnakan dirumah karena
pentingnya bagi warga nahdliyin untuk hafal doa qunut shubuh dan doa shalat
Tarawih..
Implementasi Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa
memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak
memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan
hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang
baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok
lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya
dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu
jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak
mengetahui sesuatu.
3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
E.
Sumber dan Alat
Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah
amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif
Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia,
tinjauan fiqih dalam politik.
F.
Penilaian
~ Ulangan Harian
~ Tes Performent.
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Kepala SMP
Avisena
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
Lampiran-1
Soal Ulangan Harian
- Jelaskan pengertian Al Qur’an !
- Jelaskan fungsi dan tujuan Al Qur’an diturunkan !
- Tulislah sebuah hadis Nabi yang tentang keutamaan orang yang mempelajari Al Qur’an !
- Sebutkan 4 adab membaca Al Qur’an menurut Imam Al Ghozali !
- Jelaskan amaliyah NU berikut ini :
a.
Takhtim Al Qur’an
b.
Semaan Al Qur’an
c.
Tadarus Al Qur’a
d.
Musabaqoh Tilawatil Qur’an ( MTQ )
- Jelaskan apa yang dimaksud dengan sunnah Ab’ad !
- Sebutkan sebab-sebab dilakukanya qunut nazilah !
- Jelaskan latar belakang dilakukannya qunut Nazilah oleh Rasulullah SAW !
- Jelaskan hukum melakukan shalat Tarawih !
- Tulislah hadis Nabi yang artinya “ Maka wajib atasmu mengikuti sunnahku dan sunnah Khulafaur Rasyidin yang diberi petunjuk sesudah aku” !
~ Skor tiap item
10
~ Nilai = Jumlah
skor yang diperoleh / skormaksimal x 100
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas /
Semester : VIII / Genap
Alokasi Waktu : 3X40 menit ( 3xpertemuan )
Standar Kompetensi :
4. Memahami sikap kemasyarakatan Nahdlatul Ulama
Kompetensi Dasar :
4.1. Mendiskripsikan sikap Tawassuth dan I’tidal
4.2. Mendiskripsikan sikap Tasamuh
4.3. Mendiskripsikan sikap Tawazun
Indikator :
~ Mendefinisikan arti Tawassuth dan I’tidal
~ Menyebutkan dalil naqli tentang Tawassuth
dan I’tidal
~ Mengidentifikasi contoh sikap Tawassuth dan
I’tidal
~ Mendefinisikan arti Tasamuh
~ Menyebutkan dalil naqli tentang Tasamuh
~ Mengidentifikasi contoh sikap Tasamuh
~ Mendefinisikan arti Tawazun
~ Menyebutkan dalil naqli tentang Tawazun
~ Mengidentifikasi contoh sikap Tawazun.
A.
Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu
untuk :
~ Mendefinisikan arti Tawassuth
dan I’tidal
~ Menyebutkan
dalil naqli tentang Tawassuth dan I’tidal
~
Mengidentifikasi contoh sikap Tawassuth dan I’tidal
~ Mendefinisikan
arti Tasamuh
~ Menyebutkan
dalil naqli tentang Tasamuh
~
Mengidentifikasi contoh sikap Tasamuh
~ Mendefinisikan
arti Tawazun
~ Menyebutkan
dalil naqli tentang Tawazun
~
Mengidentifikasi contoh sikap Tawazun.
B.
Materi Pembelajaran
Sikap Kemasyarakatan Nahdlatul
Ulama
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Eksploratif
D. Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
- Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motivasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi
materi.
2. Kegiatan inti
a.
EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari
sumber belajar tentang arti Tawassuth dan I’tidal.
~ Guru
menjelaskan tentang kelompok ekstrim kanan dan kelompok ekstrim kiri dalam
Islam.
~ Guru menyampaikan dalil naqli
yang terkait dengan Tawassuth dan I’tidal
~ Siswa bertanya jawab tentang
makna adil yang sesungguhnya.
b.
ELABORASI
~ Siswa bertanya jawab tentang makna adil yang
sesungguhnya.
~ Siswa dan
guru bersama-sama mengidentifikasi contoh-contoh fakta peristiwa yang terjadi dimasyarakat tentang sikap yang sesuai
dan sikap yang bertentangan dengan konsep Tawassuth dan I’tidal.
c.
KONFIRMASI
~ Guru meluruskan jawaban-jawaban siswa.
~ Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi
yang dibahas.
~ Guru melakukan indoktrinasi pada siswa.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab,
Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar
mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi
materi.
- Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
~ Siswa
menggali informasi dari sumber belajar tantang Tasamuh.
~ Guru menyampaikan dalil naqli tentang Tasamauh.
~ Guru menjelaskan Tri Ukhuwah ( ukhuwah
Islamiyah, Wathaniyah dan Basyariyah ).
b.
ELABORASI
~ Siswa dan
guru menganalisa contoh-contoh aspek kehidupan yang berhubungan dengan sikap
tasamuh, seperti toleransi dalam keyakinan, perbedaan budaya, perbedaan
pendapat dalam musyawarah dll.
c.
KONFIRMASI
~ Siswa dan
guru bersama-sama menganalisis dampak positif dari sikap Tasamuh dan akibat
yang timbul jika mengabaikan sikap tasamuh.
~ Siswa dan
guru bersama-sama menyimpulkan materi yang dibahas.
~ Guru melakukan indoktrinasi pada siswa.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab,
Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar
mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
- Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3
1. Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motivasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi
materi.
2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari
sumber belajar tentang Tawazun
~ Guru menyampaikan dalil naqli
tentang Tawazun.
b. ELABORASI
~ Siswa dan
guru tanya jawab tentang contoh-contoh sikap Tawazun dalam kehidupan
dimasyarakat dan contoh sikap yang bertentangan dengan Tawazun.
~ Guru
menyampaikan perlunya sikap tawazun dalam berbagai aspek seperti antara
penggunaan dalil naqli dan aqli, antara bekerja dan beribadah, berusaha dan berdo’a dll.
~ Guru
menyampaikan bahwa Tawazun adalah keseimbangan antara sombong dan rendah diri,
antara boros dan kikir, dll.
c. KONFIRMASI
~ Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi
yang dibahas.
~ Guru melakukan indoktrinasi.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab,
Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar
mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E.
Sumber dan Alat
Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah
amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif
Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia,
tinjauan fiqih dalam politik.
F. Penilaian
~ Pengamatan
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Kepala Sekolah SMP Avisena
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas /
Semester : VIII / Genap
Alokasi Waktu : 2X40 menit ( 2xpertemuan )
Standar
Kompetensi : 4. Memahami sikap kemasyarakatan Nahdlatul Ulama
Kompetensi Dasar : 4.4. Amar Ma’ruf Nahi Munkar.
Indikator : ~ Mendefinisikan arti
Amar Ma’ruf Nahi Munkar
~ Menyebutkan dalil naqli tentang Amar Ma’ruf
Nahi Munkar
~ Mengidentifikasi strategi dalam
berdakwah
A.
Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu
untuk :
~ Mendefinisikan arti Amar Ma’ruf Nahi Munkar
~ Menyebutkan dalil naqli tentang Amar
Ma’ruf Nahi Munkar
~ Mengidentifikasi strategi dalam
berdakwah
B.
Materi Pembelajaran
Sikap Kemasyarakatan Nahdlatul
Ulama
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Eksploratif
Diskusi
Penugasan
D. Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
- Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motivasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi
materi.
2. Kegiatan inti
a.
EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari
sumber belajar tentang pengertian amar ma’ruf nahi munkar
~ Guru menyampaikan dalil naqli
tentang amar ma’ruf nahi munkar.
b.
ELABORASI
~ Siswa menunjukkan beberapa
contoh kegiatan amar ma’ruf nahi munkar.
~ Guru
menunjukkan beberapa strategi berdakwah “ bilhikmah” , seperti menunjukkan
contoh perintah sholat dan larangan khomer dalam Al Qur’an.
c.
KONFIRMASI
~ Guru
menunjukan contoh implementasi hadis rasul tentang tahapan mencegah kemungkaran
dalam menyikapi kasus yang ada dimasyarakat.
~ Siswa dan
guru bersama-sama menyimpulkan materi yang dibahas.
Implementasi Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa
memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak
memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan
hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang
baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok
lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya
dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu
jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak
mengetahui sesuatu.
3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1.Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motivasi
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi
materi.
2. Kegiatan inti
a.
EKSPLORASI
~ Siswa dengan dibantu guru
membentuk kelompok menjadi 7-8 kelompok.
~ Siswa
berdiskusi tentang Tawassuth, I’tidal, Tasamuh, Tawazun dan Amar Ma’ruf Nahi
Munkar.
~ Masing-masing anggota kelompok
menggali informasi.
~ Siswa bertukar informasi sesama
anggota kelompoknya.
~ Hasil diskusi kelompok ditempel dipapan tulis.
b.
ELABORASI
~ Masing-masing kelompok
melakukan prsentasi
~ Kelompok yang lain menanggapi .
c.
KONFIRMASI
~ Guru meluruskan
permasalahan-permasalahan dari pertanyaan dan jawaban siswa.
~ Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab,
Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar
mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber dan
Alat Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.
F. Penilaian
~ Pengamatan/observasi
~ Tugas Kelompok
~ Ulangan Harian
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Kepala Sekolah SMP Avisena
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
Lampiran-1
Materi
Diskusi Kelompok
Ø
Tulislah contoh sikap yang mencerminkan Tawassuth
dan sikap yang bertentangan dengan Tawassuth !
Ø
Seorang ayah memberi uang
saku sekolah sama rata pada ketiga anaknya yang duduk dibangku MI, MTS dan MA,
apakah hal tersebut menunjukan sikap adil, jelaskan !
Ø
Mengapa dalam masalah
keyakinan kita dilarang bertoleransi, jelaskan dan tulis dalilnya !
Ø Tulislah beberapa
contoh yang merupakan implementasi dari sikap tawazun
Ø Melaksanakan Amar
Ma’ruf Nahi Munkar harus menggunakan cara, metode dan strategi yang tepat,
jelaskan maksudnya.
Materi Tugas Kelompok
ü Membuat keliping minimal
10 lembar
ü Tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang
ü Bahan keliping dari
koran atau surat kabat
ü Keliping tentang :
- Kejadian atau permasalahan yang mencerminkan sikap Tawassuth dan kejadian atau permasalahan yang bertentangan dengan sikap Tawassuth.
- Kejadian atau permasalahan yang mencerminkan sikap I’tidal dan kejadian atau permasalahan yang bertentangan dengan sikap I’tidal
- Kejadian atau permasalahan yang mencerminkan sikap Tasamuh dan kejadian atau permasalahan yang bertentangan dengan sikap Tasamuh.
- Kejadian atau permasalahan yang mencerminkan sikap Tawazun dan kejadian atau permasalahan yang bertentangan dengan sikap Tawazun
- Kejadian atau permasalahan yang mencerminkan sikap Amar Ma’ruf Nahi Munkar.
Lampiran-2
Soal
Ulangan Harian SK/KD ( 4 / 4.1,4.2,4.3,4.4.)
1.
Jelaskan pengertian Tawassuth !
2.
Jelaskan pengertian adil/I’tidal
dan berilah contonya !
3.
Jelaskan pengertian Tasamuh !
4.
Sebutkan isi Tri Ukhuwah !
5.
Kenapa kita tidak boleh
bertoleransi dalam masalah agama !
6.
Jelaskan pengertian Tawazun !
7.
Sebutkan contoh sikap Tawazun
seorang siswa !
8. Jelaskan pengertian
Amar Ma’ruf Nahi Munkar !
9. Kita diperintahkan
melakukan Amar Ma’ruf Nahi Munkar dengan cara “bilhikmah” jelaskan maksudnya !
10. Tulislah
tahapan-tahapan dalam mencegah kemungkaran berdasarkan hadis Nabi !
~ Skor tiap item
10
~ Nilai = jumlah
skor yang diperoleh / skor maksimal x 100
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas /
Semester : VIII / Genap
Alokasi Waktu : 3X40 menit ( 3 x pertemuan )
Standar
Kompetensi : 5. Memahami peran dan
khidmah Nahdlatul Ulama
Kompetensi Dasar : 5.1. Mendiskripsikan peran NU dalam
bidang agama
Mendiskripsikan peran NU dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan.
Mendiskripsikan peran NU dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan
Mendiskripsikan peran NU dalam bidang seni dan budaya.
Indikator : ~ Menjelaskan peran NU
dalam bidang agama
~ Menjelaskan peran NU dalam bidang
pendidikan dan ilmu pengetahuan
~ Menjelaskan peran NU dalam bidang ekonomi
dan kesejahteraan
~ Menjelaskan peran NU dalam bidang seni dan
budaya.
A.
Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu
untuk :
~ Menjelaskan peran NU dalam bidang agama
~ Menjelaskan peran NU dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan
~ Menjelaskan peran NU dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan
~ Menjelaskan peran NU dalam bidang seni dan budaya
B.
Materi Pembelajaran
Khidmah Nahdlatul Ulama
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Eksploratif
Penugasan
D. Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
- Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motivasi.
~ Menanyakan kesulitan-kesulitan ulangan harian
pada pertemuan sebelumnya.
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi
materi.
2. Kegiatan inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa
menggali informasi dari sumber belajar untuk mengidentifikasi peranan NU dalam
bidang pembinaan keberagamaan.
~ Guru
menjelaskan kegiatan NU yang terkait dengan bidang keberagaan, seperti,
Lailatul Ijtima, Majlis Ta’lim, Bahtsul Masa’il, PHBI, Lajnah Ta’lif wan Nashr
dll.
b. ELABORASI
~ Siswa dan
guru mengidentifikasi tokoh-tokoh NU bidang keagamaan.
~ Siswa dan
guru mengidentifikasi sumbangan NU bagi terciptanya pengamalan ajaran Islam,
dan kerukunan umat beragama di Indonesia.
c. KONFIRMASI
~ Siswa dan
guru menyimpulkan usaha NU bidang keberagamaan.
Implementasi Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa
memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak
memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan
hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang
baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok
lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya
dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu
jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak
mengetahui sesuatu.
3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1. Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motivasi.
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi
materi.
2. Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
~ Siswa
menggali informasi dari sumber belajar untuk mengidentifikasi peran NU dalam
bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan.
~ Siswa
mengidentifikasi tokoh-tokoh NU yang punya peran besar terhadap bidang
pendidikan dan ilmu pengetahuan.
b.
ELABORASI
~ Siswa tanya
jawab tentang perbedaan-perbedaan antara lembaga Ma’arif dengan lemabaga RMI.
~ Siswa dan
guru mengidentifikasi lembaga-lembaga pendidikan berkualitas milik NU mulai
tingkat dasar sampai perguruan tinggi.
c.
KONFIRMASI
~ Guru
menaggapi pertanyaan-pertanyaan siswa dan bersama-sama siswa membangun konsep
atau kesimpulan.
Implementasi Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa
memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak
memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan
hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang
baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok
lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya
dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu
jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak
mengetahui sesuatu.
3. Penutup.
~ Melakukan refleksi materi yang
telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3
1.
Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motivasi.
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi
materi.
2.
Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa
menggali informasi dari sumber belajar untuk mengidentifikasi peran NU dibidang
kesejahteraan masyarakat dan bidang seni budaya.
~ Guru
menunjukkan contoh bentuk kegiatan NU
bidang kesejahteraan masyarakat dan seni budaya.
b. ELABORASI
~ Siswa dengan
dibantu guru tanya jawab tentang Syirkah Taawuniyah, Mabadi Khoiro Ummah, Lakpesdam,
Lesbumi dan ISHARI.
c. KONFIRMASI
~ Guru
mengulas dan meluruskan jawaban-jawaban siswa.
~ Siswa bersama-sama guru menyimpulkan materi
pembahasan.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab,
Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar
mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3.
Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber dan
Alat Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.
F. Penilaian
~ Pengamatan/observasi
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Kepala Sekolah SMP Avisena
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas / Semester :
VIII / Genap
Alokasi Waktu :
2X40 menit ( 2 x pertemuan )
Standar
Kompetensi : 5. Memahami peran dan khidmah
Nahdlatul Ulama
Kompetensi Dasar : 5.5. Mendiskripsikan peran NU dibidang
bela negara.
Indikator : ~ Menjelaskan peran NU
dalam merebut kemerdekaan
~ Menjelaskan peran NU dalam penyusunan dasar
negara
~ Menjelaskan
perjalanan NU dalam bidang politik praktis
~ Menjelaskan Khittah NU
A.
Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu
untuk :
~ Menjelaskan
peran NU dalam merebut kemerdekaan
~ Menjelaskan
peran NU dalam penyusunan dasar negara
~ Menjelaskan perjalanan NU dalam bidang politik
praktis
~ Menjelaskan Khittah NU
B.
Materi Pembelajaran
Khidmah Nahdlatul Ulama
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Eksploratif
Penugasan
Diskusi
D. Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
- Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motivasi.
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi
materi.
2. Kegiatan inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar tentang peran NU bidang bela
negara
~ Guru menjelaskan bentuk-bentuk strategi
perjuangan Ulama NU dalam melawan penjajah, seperti pembentengan aqidah, lobi
dan diplomasi serta mengangkat senjata
~ Guru menjelaskan tentang GOLD, GLORY dan GOSPEL.
~ Guru menjelaskan hubungan antara Resolusi Jihad
yang dikelurkan PBNU dengan Pertempuran 10 Nopember di Surabaya.
b. ELABORASI
~ Siswa dengan
dipandu guru tanya jawab tentang perjalanan politik NU.
~ Guru
menjelaskan makna kembali ke Khittah dalam menyikapi hubungan NU dengan partai
politik pada masa sekarang.
c. KONFIRMASI
~ Siswa
bersama-sama guru menyimpulkan materi pembahasan.
Implementasi Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa
memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak
memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan
hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang
baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok
lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya
dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu
jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak
mengetahui sesuatu.
3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
- Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motivasi.
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi
materi.
2. Kegiatan inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa dengan dibantu guru
membentuk kelompok menjadi 7-8 kelompok.
~ Masing-masing anggota kelompok
mengidentifikasi dari sumber belajar.
~ antar anggota kelompok
melakukan tukar pendapat untuk merumuskan jawaban.
~ Kelompok yang sudah selesai
menempelkan hasil diskusi di papan.
b. ELABORASI
~ Masing-masing kelompok diberi kesempatan presentasi selama 5 menit.
~ Kelompok yang lain memberi tanggapan.
c. KONFIRMASI
~ Guru meluruskan pertanyaan dan jawaban siswa.
~ Siswa dengan dibantu guru menyimpulkan materi pembahasan.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab,
Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar
mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber dan
Alat Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.
F. Penilaian
~ Pengamatan/observasi
~ Ulangan Harian.
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Kepala Sekolah SMP Avisena
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul
Munir, S.Th.I
Lampiran-1
Soal Ulangan Harian
- Sebutkan 3 bentuk kegiatan NU yang berkaitan dengan bidang pembinaan keberagamaan !
- Sebutkan 2 tokoh NU dalam bidang keagamaan !
- Jelaskan tugas Lajnah Ta’lif wan Nashr !
- Jelaskan tugas LP. Ma’arif dan RMI !
- Sebutkan 3 tokoh NU yang pernah menjabat sebagai Menteri Agama RI !
- Siapa yang memelopori berdirinya Syirkah Ta’awuniyah ?
- Jelaskan peran H.Jamaluddin Malik !
- Sebutkan 2 laskar perang yang dibentuk NU untuk mengusir penjajah !
- Siapa tokoh NU yang ikut tergabung dalam penyusunan Piagam Jakarta ?
- Dimanakah tempat berlangsungnya Muktamar NU ke-27 ?
~ Skor tiap item 10
~ Nilai = Jumlah skor yang diperoleh / jumlah skor maksimal x 100
Materi
Diskusi Kelompok !
ü
Apakah NU punya andil besar
dalam mencerdaskan atau membangun SDM bangsa Indonesia, jelaskan !
ü
Apa yang dilakukan oleh NU
dalam rangka untuk menyejahterakan anggotanya !
ü Buktikan kalau NU
punya andil besar dalam membela negara !
ü Jelaskan kalau Resolusi
Jihad punya pengaruh besar terhadap pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya !
ü Uraikan kronologis
perjalanan politik NU mulai dari NU bergabung dengan Masyumi sampai kembali ke
Khittah 1926 !
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas /
Semester : VIII / Genap
Alokasi Waktu : 2X40 menit ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi :
6. Memahami kebesaran jamiyah Nahdlatul Ulama
Kompetensi Dasar : 6.1. Mendiskripsikan faktor-faktor
pendukung kebesaran NU
Indikator : ~ Menjelaskan faham
keagamaan NU
~ Menjelaskan kepemimpinan Ulama
~
Menjelaskan keanggotaan NU
A.
Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu
untuk :
~ Menjelaskan faham keagamaan NU
~ Menjelaskan kepemimpinan Ulama
~ Menjelaskan keanggotaan NU
B.
Materi Pembelajaran
Kebesaran NU dan Faktor
Pendukungnya
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Eksploratif
Penugasan
D. Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
- Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motivasi.
~ Menanyakan kesulitan-kesulitan ulangan harian
pada pertemuan sebelumnya
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi
materi.
2. Kegiatan inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa
menggali informasi dari sumber belajar untuk mencari faktor-faktor pendukung
kebesaran NU
~ Guru
menjelaskan pengaruh Ulama terhadap kebesaran NU, dan pengaruh tradisi, nasab
terhadap kebesaran NU.
b. ELABORASI
~ Siswa dan guru tanya jawab tentang faktor-faktor
pendukung kebesaran NU
c. KONFIRMASI
~ Siswa dan
guru bersama-sama menyimpulkan materi yang dibahas.
Implementasi Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa
memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak
memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan
hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang
baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok
lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya
dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu
jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak
mengetahui sesuatu.
3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
- Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motivasi.
~ Menyampaikan
SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi
materi.
- Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
~ Guru membagikan kertas pada
seluruh siswa
~ Siswa
menulis sebuah pertanyaan yang terkait dengan faktor-faktor pendukung kebesaran
NU
~ Setelah selesai menulis pertanyaan, kertas
dilipan kemudian dikumpulkan.
b.
ELABORASI
~ Guru
mengambil pertanyaan siswa secara acak dan menyuruh salah seorang siswa untuk
membaca soal tersebut kemudian menanggapinya.
~ Jawaban
siswa dilempar untuk ditanggapi oleh siswa yang lain.
c.
KONFIRMASI
~ Guru
meluruskan pertanyaan dan jawaban siswa
~ Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang
telah dibahas.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab,
Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata
yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan
diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi
dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab,
memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa
dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta
mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar,
menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber dan
Alat Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku NU dalam Prespektif Sejarah dan Ajaran.
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.
F. Penilaian
~ Pengamatan/observasi
~ Ulangan Harian. ( mengerjakan latihan dibuku paket ).
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Kepala Sekolah SMP Avisena
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
ijin ngambil ya kang..
BalasHapusizin save
BalasHapus