RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
|
Mata Pelajaran
|
:
|
ASWAJA
|
Kelas/ Semester
|
:
|
IX/Gasal
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami firqah – firqah dalam Islam
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Memiliki Pemahaman tentang
firqah-firqah dalam Islam
|
*
Indikator
·
Menguraikan sejarah timbulnya firqah dalam Islam.
·
Menjelaskan sebab-sebab timbulnya firqah dalam
Islam.
·
Menyebutkan firqoh-firqah dalam Islam.
·
Menjelaskan sikap NU terhadap firqoh- firqah dalam
Islam.
*
Alokasi waktu
: 3 x 40 menit (3 x pertemuan)
*
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menguraikan sejarah timbulnya firqah dalam Islam.
- Dapat menjelaskan sebab-sebab timbulnya firqah dalam Islam.
- Siswa dapat menyebutkan firqah-firqah yang berpengaruh.
- Siswa dapat menjelaskan sikap NU terhadap firqah dalam Islam.
*
Materi Pembelajaran
·
Firqah-firqah dalam
Islam.
*
Metode Pembelajaran
-
Ceramah
-
Diskusi Kelompok
-
Presentasi
-
Penugasan
*
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
I
1. Pendahuluan (5 menit)
o
Mengawali pembelajaran dengan salam dan berdo'a
bersama.
o
Appersepsi
-
Penjajagan kesiapan belajar siswa.
-
Infrormasi kompetensi yang akan dicapai.
-
Murid membuka materi pembelajaran Aswaja
2.
Kegiatan Inti (30 menit)
o
Dalam kegiatan ini guru dan siswa mengadakan
kegiatan sebagai berikut:
-
Guru memberikan penjelasan tentang firqah-firqah
dalam Islam.
-
Siswa memperhatikan dengan seksama sambil membuat
simpulan dari hasil pembelajaran.
-
Guru membagi siswa ke dalam lima kelompok untuk
menyelesaikan tugas dari guru.
Implementasi
Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan,
Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan,
tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima
kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan
kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan
pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman
yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang
mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya
ketika tidak mengetahui sesuatu.
3.
Kegiatan Penutup
o
Guru memberikan kesimpulan.
o
Guru meminta siswa untuk lebih rajin belajar.
o
Guru membagikan tugas latihan kepada siswa sebagai
tugas rumah dan dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang.
o
Guru bersama siswa menutup pelajaran dengan berdoa
bersama dan salam.
*
Alat dan Sumber Belajar
-
Buku pelajaran Aswaja kelas IX.
-
Buku Teologi Islam.
-
Buku pendukung yang relevan.
Pertemuan
II
I. Pendahuluan (5 menit)
1.
Mengawali pembelajaran dengan salam dan berdo'a
bersama.
2.
Memotivasi dan Appersepsi
-
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan cara
memberikan pertanyaan materi pertemuan sebelumnya.
-
Infrormasi kompetensi yang akan dicapai, secara
lebih jauh tentang firqah-firqah dalam Islam.
II.
Kegiatan Inti (60 menit)
-
Guru mengulas sedikit tentang kesimpulan yang
telah dilaksanakan pada pelajaran yang lalu.
-
Guru memberi penjelasan lanjutan tentang materi
pembelajaran minggu yang lalu yaitu tentang firqah-firqah yang berpengaruh dan
sikap NU terhadap firqah-firqah dalam kehidupan sehari-hari.
-
Kelompok diskusi yang sudah dibentuk pada
pertemuan sebelumnya disuruh membuat peta konsep dan guru membimbing siswa
(salah satu kelompok yang mengalami kesulitan).
-
Siswa berdiskusi tentang; timbulnya, sebab-sebab
dan firqah yang berpengaruh serta sikap NU terhadap firqah-firqah dalam Islam.
-
Setelah selesai berdiskusi kelompok, masing-masing
kelompok mengajukan satu anggota (ketua) kelompoknya untuk mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas. Guru sebagai fasilitator.
-
Guru menyimpulkan hasil diskusi, kemudian
memberikan reward kepada kelompok terbaik dalam menyelesaikan tugas tersebut.
Implementasi
Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan,
Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan,
tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima
kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan
kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan
pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman
yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang
mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya
ketika tidak mengetahui sesuatu.
III.
Kegiatan Penutup (10 menit)
-
Guru memberikan arahan pada siswa tentang tugas
individu.
o
Guru memberikan penguatan dan memotivasi agar
siswa lebih giat belajar.
*
Tidak Lanjut
-
Guru memberikan tugas membaca pada materi
selanjutnya untuk dibahas pada pertemuan berikutnya.
-
Salam penutup (doa).
*
Alat dan Sumber Belajar
-
Buku pelajaran Aswaja kelas IX.
-
Buku-buku Teologi Islam.
-
Buku-buku pendukung yang relevan.
*
Penilaian Hasil belajar
-
Non tes; Performance test (tugas kelompok dan
individu).
-
Tes tulis (uraian)
-
Presentasi
-
Bentuk Instrumen.
· Pilihan Ganda
No
|
Butir-butir Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Diantara pernyataan berikut
yang bukan termasuk sebab timbulnya firqah dalam Islam adalah ...
a.
Fanatisme kesukuan bangsa Arab
b.
Penerjemahan buku Filsafat
c.
Banyaknya penerjemah Al Qur'an
d.
Perebutan kekuasaan
Salah satu sebab munculnya
Firqah –firqah dalam Islam adalah karena perbedaan pendapat para Ulama’
tentang ayat-ayat yang maknanya tersembunyi atau samar – samar yang dinamakan
Secara fisik sudah tidak ada
pengikut golongan khawariji, tetapi jejak golongan khawariji masih sering
tampak dalam bentuk.
Golongan yang suka
mengumandangkan semboyan Laa Haa Kima Illallah, dinamakan
Kata Syi’ah secara harfiyah
dapat diartikan sebagai berikut, kecuali.....
Ciri khas orang Mu’tazilah
adalah
Pendapat-pendapat golongan
wahabi yang tidak bisa diterima oleh warga NU antara lain Sebagai berikut.
Kecuali....
Golongan ahlussunnah wal
jama’ah dalam memposisikan dalil agli terhadap dalil nagli adalah sbb
Golongan syi’ah yang
keterlaluan dalam ber pendapat dan menganggap Ali memiliki sifat ketuhanan
yaitu golongan....
Ajara – ajaran Syi’ah yang
bertentangan dengan ajaran Ahlu Sunnah Wal Jama’ah antara lain sebagai
berikut kecuali...
|
d
d
a
b
b
b
c
a
b
b
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
· URAIAN
NO
|
Butir
– butir Soal
|
Jawabaan
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Jelasakan apa yang di maksud Firqah
dalam Islam !
Sebab sebab terjadinya Firqah dalam
Islam adalah
Berikan contoh pemikiran pemikiran
khawarij yang berkembang saat ini.
Siapakah imam dari ajaran khawarij?
Aliran dalam Ilmu kalam yang muncul
dari Basrah pada abad ke-2 H adalah
Pendiri aliran Mu’tazilah adalah
Aliran Syi’ah terpecah menjadi 5
golongan sebutkan
Yang mempropagandakan paham
Qadariyah adalah
Pelopor faham Jabariyah adalah
Bagaimanakah sikap NU terhadap
Firqah- firqah dalam Islam
|
Madzhab - madzhab yang timbul karena adanya masalah khalifah baik
bidang aqidah, fiqih maupun akhlaq / tasawuf
· Fanatisme kesukuan
bangsa Arab
· Perebutan jabatan
khalifah
· Masuknya pemeluk agama
lain ke agama Islam
· Menerjemahkan buku
filsafat
Dengan mudah mengkafirkan orang Islam yang tidak sepaham dengan
menghalalkan nyawa atau jiwa untuk dibunuh
Abdullah bin Abdul Wahhab
Arrasabi
Mu’tazilah
Washil bin Atha’
a. Syi’ah Azzaidiyah
b. Syi’ah Imamiyah atau
ja’fariyah
c. Syi’ah Isma’iyah
d. Syi’ah Ghulat
Ma’bad Al juhaini Ghailan Ad Dimasyqi
a. Jahm bin Shafwan
b. Jabban bin Sam’an dan
Sikap NU terhadap Firqah –firqah dalam Islam adalah perbedaan NU
menghargai perbedaan, asalkan sesuai dengan rumusan Aswaja yaitu melaksanakan
Aqidah, Syari’ah dan Akhlaq
|
0 - 4
0 - 4
0 - 2
0 - 2
0 - 1
0 - 1
0 - 4
0 - 2
0 - 3
0 - 6
|
|
Jumlah
|
29
|
Pedoman
penskoran
NA = SKOR YANG DIPEROLEH x100
SEKOR MAKSIMAL
· DISKUSI
1. a. Kelompok A
mendiskusikan tentang firqah – firqah dalam Islam
b. Kelompok B mendiskusikan
tentang Sebab – sebab timbulnya firqah dalam Islam
c. Kelompok C mendiskusikan
tentang firqah – firqah yang berpengaruh dan tokoh – tokohnya
d. Kelompok D mendiskusikan
tentang sikap NU terhadap firqah – firqah dalam Islam
2.
a.wakil dari kelompok masing – masing mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya di depan kelas
b. membuat kesimpulan dari hasil diskusi
c. mengumpulkan hasil diskusi kepada guru
No
|
Nama
|
Aspek Nilai
|
Total Score
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
Mengemukakan
pendapat
|
Kerja sama
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : SKOR
Tes diskusi kelompok
A = Sangat Baik = 80 – 90
B = Baik = 70 – 79
C = Cukup = 50 – 69
D = Kurang =
Kurang dari 50
Jabon, 4 Oktober 2012
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Kepala
SMP Avisena
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata
Pelajaran : ASWAJA
Kelas / Semester : IX ( Delapan ) / Ganjil
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit ( 2xpertemuan)
A. Standar Kompentensi
Mengidentifikasi
Tentang sunnah dan Bid'ah
B. Kompetensi Dasar
Memahami
tentang sunnah dan Bid’ah
C. Indikator Pencapaian.
1.1.Menjelaskan pengertian Sunnah dan Bid’ah
1.2.Menyebutkan contoh pembuatan yang tergolong Sunnah dan
yang tergolong Bid’ah
1.3.Membiasakan diri melakukan hal-hal yang tergolong
sunnah
1.4.Membiasakan diri menghindari hal-hal yang tergolong Bid’ah
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
membedakan antara Sunnah dan Bid’ah
E. Materi pembelajaran
Sunnah dan
Bid’ah
F. Mwetode Pembelajaran
-
Diskusi
-
Presentasi
-
Tanya jawab
F. Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan inti (10) menit
a.
Berdo’a / Baca Sholawat Nabi bersama
b.
Mengapresepsi pelajaran minggu lalu dan membangkitkan perhatian dan
minat siswa dengan menuliskan KD di papan tulis.
c.
Memberikan penjelasan tentang langkah – langkah pembelajaran dan
memberikan pre test
2.
Kegiatan inti (60) menit
Guru dan
siswa melakukan kegiatan sbb:
a.
Membagi siswa menjadi 5 kelompok, setiap kelompok beranggotakan 7 – 8
Siswa.
b.
Guru menjelaskan materi secara singkat dan siwa mencatat hal – hal penting.
c.
Siswa berdiskusi bersama kelompoknya mencari Contoh – contoh kongkrit
pembuatan Sunnah dan Bid’ah
d.
Salah satu wakil dari kelompok masing – masing membacakan
mempresentasikan hasil diskusi, secara bergiliran, kelompok lain menanggapi
e.
Guru memberikan kesimpulan pada pekerjaan siswa
f.
Guru menunjukkan Foto atau gambar-gambar yang menggambarkan salah satu
amalan bid’ah dan Sunnah.
g.
Guru memberikan penilaian dan memberikan reward ke- kelompok yang paling
baik.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam
mengungkapkan, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang
bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan
diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan
menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan
kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat
menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta
mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya proses belajar mengajar,
menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3.
Kegiatan akhir (7) menit
a.
Membmbing siswa untuk menyusun rangkuman (indivial) sambil bertanya
jawab tentang hal-hal yang kurang difahami.
b.
Siswa diberikan dorongan agar lebih mendalami materi untuk dapat
melaksanakan Sunnah dan meninggalkan hal-hal yang bid’ah.
4.
Kegiatan tindak lanjut (3) menit
a.
Siswa disuruh membuat kliping dan mendiskripsikannya tentang Bid’ah dan
Sunnah (Terbaik). (PR)
b.
Salam penutup
G. Media / Sumber Bahan
-
Gambar – gambar / LCD
-
Buku pelajaran Aswaja / ke-NU.an
-
LKS
H. Evaluasi
a.
Jenis test : Test tertulis
b.
Alat penilaian : Soal kuis \ test
(terlampir)
c.
Kunci jawaban: Jawaban LKS (terlampir)
Jawaban Evaluasi (terlampir)
Jabon, 4 Oktober 2012
Mengetahui,
Kepala
SMP Avisena Guru Mata Pelajaran Aswaja
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Nama
Kelompok :
Mata
Pelajaran : Aswaja
/ Ke-NU.an
Materi
Pembelajaran : Sunnah dan
Bid’ah
Kelas /
Semester : IX / Gasal
Diskusikan
dengan kelompokmu!
No
|
Butir - Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
2.
3
4.
5.
|
Jelaskan pengertian Sunnah menurut bahasa dan stilah
Jelaskan pengertian Bid’ah menurut bahasa dan
istilah
Sebutkan macam - macam bid’ah
Berilah contoh bid’ah Hsanah pada zaman khulafaur
rosiddin
Berikan contoh bid’ah khasanah siyiah dalam
kehidupan sehari – hari.
|
a.
Sunnah menurut bahasa artinya : jalan atau kebiasaan
b.
Sunnah menurut istilah artinya : perkataan atau perbuatan Nabi SAW
a.
Bid’ah menurut bahasa artinya segala sesuatu yang di ada ada kan yang
belum pernah dicontohkan sebelumnya.
b.
Bid’ah menurut istilah artinya sesuatu hal yang baru yang tidak
terdapat dalam ajaran agama yang dibawah Rosulullah SAW
Bid’ah Hasanah dan bid’ah Sai’yiah
a.
Pembukuan Al- Qur’an
b.
Sholat tarawih 23 rakaat
c.
Sholat jum’at 2 Adzan (Zaman Kholifah Ustman bin Affan)
a.
Membaca sholawat (Sayyidinah)
b.
Tahlil, ziarah kubur, istighosah , khatmil Qur’an
c.
Puasa ngebleng, sedekah bumi dengan sesajen yang diperuntukkan bagi
leluhur dll.
|
20
20
20
20
20
|
Catatan :
Jawaban No. 5 kebijaksanaan guru.
Berilah
tanda (V) pada kolom yang tersedia, jawaban yang sesuai
No
|
Butir – Butir Soal
|
Sunnah
|
Bid’ah
|
|
Hasanah
|
Saiyah
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Segala sesuatu yang bersumber dari Nabi baik berupa perkataan.
Perbuatan maupun penetapan Nabi
Selamatan dengan cara membuat sesajen adalah termasuk
Membaca berjanji termasuk
Ziarah ke- kuburan keramat bawa sesaji
Penjilitan muskhaf Al-Qur’an dan Al-Hadist
Baca sholawat atas Nabi SAW
|
|
|
|
Kunci
Jawaban
1.
Sunnah
2.
Bid’ah Saiyiah
3.
Membaca berjanji (Sunnah)
4.
Bid’ah Saiyiah
5.
Sunnah
6.
…
7.
Sunnah
8.
Bid’ah khasanah
9.
…
10. Bid’ah saiyiah
Persekoran ;
Nilai Ahir
= Jumlah Skor Perolehan X 10
Skor maksimal
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata
Pelajaran : ASWAJA
Kelas / Semester :
IX ( Sembilan) /
Ganjil
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit ( 2xpertemuan)
Standar Kompetensi :
Kompetensi Dasar
-
Setelah pelajaran ini selesai diharapkan siswa mampu memahami tentang
Ukuwah Nadliyah.
Indikator /
Tujuan
Siswa mampu
:
1.1.Mampu mendefinisikan Ukuwah Nadliyah
1.2.Mengidentifikasikan hal-hal yang medorong lahirnya
Ukhuwah Nadliyah.
1.3.Mengidentifikasikan macam-macam Ukhuwah Nadliyah
1.4.Menyebutkan macam-macam Ukhuwah Nadliyah
Materi Pembelajaran
Ukhuwah
Nadliyah
Kegiatan Pembelajaran
WAKTU
|
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
|
METODE
|
BAHAN
|
10’
|
Kegiatan Awal
1. Guru / Murid Memberikan
salam
2. Selanjutnya mengadakan
Appersepsi dan pretest untuk beberapa siswa mengenai Ukhuwa.
3. Gur mensosialkan K/D dan
indikator ketercapaian.
4. Guru menyampaikan tata
cara kegiatan pembelajaran.
5. Guru memberikan materi
pendahuluan dengan mengidentifikasi macam-macam sikap Ukhuwa Nadliyah
|
Metode Appersepsi
|
Gambar
|
60’
|
Kegiatan Inti
1. Memerintahkan siswa untuk
membaca uraian materi macam-macam Ukhuwa.
2. Setelah membaca uraian
materi tentang Macam-macamUkhuwa.
Siswa disuruh membuat peta konsep dari bacaan tersebut.
3. Guru melakukan
pendampingan ketika siswa membuat peta konsep
4. Selanjutnya siswa juga
diminta untuk mendiskusikan dengan anggota kelompoknya yang dilakukan dengan
cara berhitung 1 – 6. Dan setelah semua berhitung segera membentuk (mencari
kelompok masing-masing).
5. Materi diskusi terdapat
pada LKS hal 12.1
Materi yang didiskusikan adalah tentang :
-mengidentifikasikan contoh - contoh bentuk ukhuwah
-mendiskripsikan gambar-gambar yang menunjukkan Ukhuwa.
6. Setelah selesai
berdiskusi, guru memanggil beberapa volunteer untuk memaparka hasil pembuatan
peta konsepnya yang telah didiskusikan dengan anggota kelompok.
7. Guru mengajukan penguatan
tentang ukhuwah Nadhliyah.
8. Siswa diberi kesempatan
memberi tanggapan atau memaparkan hal-hal yang belum di fahami (kurang jelas)
tentang ukhuwah Nadhliyah.
Implementasi
Pendikar
Siswa Menjawab
dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan
pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan
kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil
diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik
dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain
untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya
dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu
jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak
mengetahui sesuatu.
|
Diskusi
|
Buku Pelajaran BK.LKS
|
10’
|
Kegiatan penutup
‘Siswa dan guru merefleksikan dari pemahaman tentang ukhuwah dan mampu
merefleksikan dalam kehidupan sehari-hari
Kegiatan tindak lanjut (PR)
-
Siswa disuruh mencari beberapa ayat dan terjemahannya dalam Al-Qur’an
(Relevan) tentang ukhuwah
-
Guru meminta siswa membca uraian berikutnya
|
Tanya Jawab
|
|
Media Pembelajaran
-
Gambar tentang ukhuwah
Media belajar
-
Buku pelajaran aswaja
-
Buku lain yang mendukung (relevan)
Penilaian
1.
Tes tulis
: digunakan untuk mengukur kemampuan (kognitif) siswa dan memahami materi
tentang; ukhuwah Nadhliya
2. Penilaian kinerja (performance) penilaian di arahkan
pada;
1. Kemampuan mengemukakan pendapat
2. Kemampuan bekerja sama
3. Partisipasi dalam diskusi
4. Kemampuan menanggapi masalah
3. Sikap (Afektif)
Agar siswa dapat
melkukan penilaian sikap yang tercermin dari; sikap sosial, pergaulan dan
tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.
Jabon, 4 Oktober 2012
Mengetahui,
Kepala
SMP Avisena Guru Mata Pelajaran Aswaja
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
Lampiran
Lembar Kerja Siswa
Nama / Kelompok ;
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1. Jelaskan pengertian ukhuwah menurut NU.
2. Tulis sebuah hadist yang menganjurkan seseorang untuk
meningkatkan persaudaraan.
3. Berilah contoh kegiatan di sekolahmu yang merupakan
nilai ukhuwah !
4. Sebutkan sikap dasar yang mempengaruhi keberlangan
ukhuwah dalam kehidupan bermasyarakat
5. Jabarkan macam –macam ukhuwah Nadliyah di bawah ini
a. Ukhuwah Islamiyah
b. Ukhuwah Wathaniyah
c. Ukhuwah Basyariyah (insyaniyah)
Kunci Jawaban
1. Adalah Ukhuwah yang di tumbuh kembangkan dalam sikap
persaudaraan warga yang hidup bermasyarakat.
2. ………
3. Kegiatan Osis
4.
d. Atta’aruf (saling mengenal)
e. Attasamuh (saling menghargai)
f. Atta’awun (saling menolong)
g. Attarahum (saling menyayangi)
h. Attadlamun (saling mendukung)
5. a. Ukhuwah
islamiyah ; persaudaraan yang tumbuh dan berkembang karena persamaan aqidah atau agama seluruh umat islam di seluruh
dunia adalah saudara.
b. Ukhuwah Wathaniyah ; persaudaraan sesama bangsa yaitu persaudaraan
yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran berbangsa dan bernegara
(seluruh bangsa Indonesia adalah saudara).
c. Ukhuwa Basyariyah ; persaudaraan sesame manusia artinya yang tumbuh
dan berkembang atas dasar rasa kemanusiaan yang bersifat Universal.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
NAMA SEKOLAH :
SMP Avisena
Kedungcangkring Jabon
MATA PELAJARAN : ASWAJA
KELAS / SEMESTER : IX / Gasal
ALOKASI WAKTU : 2 x pertemuan
STANDAR KOMPETENSI : Menjelaskan Mabadi’u Khoiru Ummah, Khittah
Nahdatul Ulama’ serta ciri khas amaliyyah warga Ahlussunnah wal jama’ah dalam
NU
KOMPETENSI
DASAR :
Menjelaskan Mabadi’u Khoiru Ummah.
INDIKATOR :
- Menjelaskan latar
belakang munculnya Mabadi’u
Khoiru Ummah
- Butir – butir isi
kandungan Mabadi’u Khoiru
Ummah
Tujuan Pembelajaran :
-
Siswa dapat Menjelaskan latar
belakang munculnya Mabadi’u
Khoiru Ummah serta butir –
butir kandunganya.
Materi Ajar : Mabadi’u Khoiru Ummah
Metode Pembelajaran :
1.
Ceramah.
2.
Diskusi
kelompok
Langkah – Langkah Pembelajaran :
Pertemuan
1
v Pendahuluan
Apersepsi :
Pretes kemampuan dasar tentang pengertian Mabadi’u Khoiru Ummah.
v Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan pengertian
serta dasar Mabadi’u Khoiru Ummah.
b. Guru menyampaikan
macam – macam Butir isi
kandungan Mabadi’u Khoiru
Ummah
c. Siswa dibagi beberapa
kelompok untuk mencari dasar Butir isi kandungan Mabadi’u
Khoiru Ummah dalam alqur’an
sesuai TR pada peetemuan sebelumnya
Implementasi
Pendikar
Siswa Menjawab
dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa memberikan
pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan
kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil
diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan
sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk
mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan
tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu jalannya
proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui
sesuatu.
v Penutup
d.
Dengan
bimbingan guru, siswa diminta membuat kesimpulan
e.
Guru
memberikan tugas rumah / TR ( mencari ayat alqur’an yang berhubungan dengan
butir mabadi’u khoiru ummah).
Alat dan sumber Belajar
Buku
LKS Materi Dasar Nahdlatul Ulama’kelas IX MTs/SLTP.
Penilaian :
Teknik : Tes Tertulis, tes
lisan, penugasan.
Bentuk
Instrumen : Tes Uraian dan Tes lisan
Contoh Pertanyaan :
1.
Apakah
pengertian Mabadi’u Khoiru
Ummah baik secara bahasa maupun istilah?
2.
Ayat berikut
menjelaskan tentang butir yaitu sifat ….
(#qçRur$yès?ur ’n?tã ÎhŽÉ9ø9$# 3“uqø)G9$#ur ( Ÿwur (#qçRur$yès? ’n?tã ÉOøOM}$# Èbºurô‰ãèø9$#ur ÇËÈ
3.
Dasar
mabadi’u khoiru ummah dalam alqur’an surat ali Imran ayat 110 bagaimana
bunyinya?
4.
….
Jabon, 4 Oktober 2012
Mengetahui,
Kepala
SMP Avisena Guru Mata Pelajaran Aswaja
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I

Lembar Kerja Siswa (LKS)
Nama/Kelompok :
....................................................................
Mata Pelajaran :
Aswaja/ke-NU-AN
Materi :
MabadiKhaira Ummah
Kelas/Semester :
IX/II
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan memberi tanda (x) pada jawaban yang
benar !
1. Arti Mabadi Khaira
Ummah adalah ........................
a. Prinsip dasar
b. Garis
c. Ulama
d. Baik
2. Bagi NU, Mabadi
Khaira Ummah merupakan dasar-dasar pembentukan ummat yang .........................
a. Kuat
b. Mulia
c. Baik
d. Maju
3. Kittah artinya
.............................
a. Garis-garis
b. Dasar
c. Usaha
d. Jujur
4. Mabadi Khaira Ummah
dicetuskan pertama kali pada tahun .............................
a. 1986
b. 1935
c. 1992
d. 1984
5. Pengembangan prinsip,
baik dalam MKU (Mabadi Khaira Ummah) maupun Kittah Nadliyah supaya warga NU
punya sikap ..............................
a. Memenangkan pemilu
b. Ikut pemerintah
c. Akhlakul karimah
d. Egois
6. Gerakan Mabadi Khaira
Ummah dalam NU bertujuan untuk membentuk ..............................
a. Kader-kader NU yang
militan
b. Kelompok elit NU
c. Prinsip dasar para
pemimpin NU
d. Identitas,
karakterdan ciri khas warga NU
7. Hasil nyata yang
dicapai dari upaya gerakan Mabadi Khaira Ummah ini adalah sebagai berikut, kecuali
.....................................
a. Senang organisasi
warga NU semakin Tinggi
b. Warga NU semakin
banyak yang kaya dan menduduki jabatan politik
c. Kegiatan organisasi
dalam berbagai bidang semakin tampak
d. Para pemimpin NU
semakin kompak
8. Gerakan Mabadi Khaira
Ummah sempat terhentikarena adanya peristiwa ................................
a. Perang dunia II
b. NU berubah dari
parpol
c. NU kembali ke
Kittah’26
d. Peristiwa G 30 S PKI
9. Isi kandungan Mabadi
Khaira Ummah asalnya ada 3 yaitu sebagai buerikut, kecuali
............................
a. At - Shidqu
b. At - Ta’awun
c. Al - Amana wal wafa
bil’ahdi
d. At - Tasamuh wal
I’tidal
10. Penambahan kandungan
Mabadi Khaira Ummah dari tiga menjadi lima (Al- Mabadi’ul Khomsah) diputuskan
pada ................................
a. Rapat pleno PBNU di
Pati
b. Kombes NU di Lombok
c. Munas Alim Ulama NU
di Lampung 1992
d. Muktitamar NU ke 29
di Cipasung

Kunci Jawaban LKS
- a
- c
- a
- b
- c
- a
- b
- a
- d
- e
Penskoran :
Nilai Akhir = Jumlah skor perolehan x 100
Skor
maksimal

Nama :
.......................................
Kelas :
.......................................
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban
yang benar !
1. Sebutkan isi
kandungan Mabadi Khaira Ummah
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
2. Tulis ayat 2 Surat,
At- ma’idah dan terjemahannya
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
3. Sebutkan macam-macam
sifat dan sikap yang dapat membentuk karakter pribadi Mabadi Khaira Ummah
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
4. Tulislah 2 hadits
yang mendukung karakter pribadi Mabadi Khaira Ummah
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1. a. As – Shidqu
b. Al – Amanah wal Wafa Bil Ahdi
c. Al – Adalah
d. At – ta’awun
2.
3. a. Kejujuran dalam
bersikap
b. Kejujuran dalam berbicara
c. Kejujuran dalam berbuat
d. Jujur dalam berfikir
4. Kebijaksanaan guru
a.
b.

No.
Soal
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Sama dengan kunci
jawaban
Kurang sama
dengan kunci jawaban
Tidak sama dengan
kunci jawaban
|
6
3
1
|
2.
|
Sama dengan kunci
jawaban
Kurang sama
dengan kunci jawaban
Tidak sama dengan
kunci jawaban
|
6
3
1
|
3.
|
Sama dengan kunci
jawaban
Kurang sama
dengan kunci jawaban
Tidak sama dengan
kunci jawaban
|
6
3
1
|
4.
|
Sama dengan kunci
jawaban
Kurang sama
dengan kunci jawaban
Tidak sama dengan
kunci jawaban
|
6
3
1
|
Nilai Akhir = Jumlah Skor x 100
24
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
NAMA SEKOLAH :
SMP Avisena
Kedungcangkring Jabon
MATA PELAJARAN : ASWAJA
KELAS / SEMESTER : IX / Genab
ALOKASI WAKTU : 2 x pertemuan
STANDAR KOMPETENSI : Menjelaskan Prilaku warga NU
KOMPETENSI
DASAR :
- Menganalisis Prilaku
Warga NU.
INDIKATOR :
v Mendiskrisikan
Prilaku Warga NU
v Mendiskrisikan
Prilaku sosial Warga NU
v Mendiskrisikan
Prilaku Budaya Warga NU
v Mendiskrisikan
Politik Warga NU
Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa mampu Menjelaskan Prilaku warga NU.
Materi Ajar : Prilaku warga NU.
Metode Pembelajaran :
1.
Ceramah
2.
Talking
stik. ( menyebutkan materi macam – macam Prilaku warga NU
dengan menunjuk siswa satu persatu menggunakan tongkat atau alat lainnya )
Langkah – Langkah Pembelajaran :
Pertemuan
1
v Pendahuluan
Apersepsi :
Pretes kemampuan dasar tentang contoh upaya NU Prilaku Warga NU yang dilaksanakan dalam kesehariannya
v Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan Macam – macam bentuk
Prilaku warga NU.
b. Siswa menunjuk siswa satu persatu untuk
menyebutkan macam – macam Prilakuwarga NU menggunakan menggunakan tongkat atau alat lainnya
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan,
Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan,
tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima
kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan
kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan
pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman
yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang
mengganggu jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya
ketika tidak mengetahui sesuatu.
v Penutup
Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat kesimpulan
Alat dan sumber Belajar
Buku
LKS Materi Dasar Nahdlatul Ulama’kelas IX MTs/SLTP.
Penilaian :
Teknik : Tes Tertulis, tes
lisan, penugasan.
Bentuk
Instrumen : Tes Uraian dan Tes lisan
Contoh Pertanyaan :
1.
Sebutkan
beberapa contoh kepribadian warga NU!
2.
Dalam masalah
ijtima’iyyah, Prilaku warga NU digolongkan dalam 3 macam, sebutkan!
3.
Berikan
contoh hambatan yang sering dialami NU dalam usaha mengembangkan dan menerapakan Prilaku !
4.
….
5.
…..
ü Jabon, 4
Oktober 2012
Mengetahui,
Kepala
SMP Avisena Guru Mata Pelajaran Aswaja
Ismachil
Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
ijin ngambil ya kang..
BalasHapusijin ngambil ya kang..
BalasHapusijin ngambil ya kang
BalasHapus