RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas / Semester :
VII ( Tujuh ) / Ganjil
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 4xpertemuan)
Standar Kompetensi
- Mengenal Pondok Pesantren sebagai cikal bakal berdirinya NU
Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan jati diri Pondok
Pesantren.
Mendiskripsikan hubungan NU dengan
Pondok Pesantren.
Indikator
- Mendiskripsikan pengertian Pondok Pesantren.
- Menceritakan sejarah Pondok Pesantren.
- Menunjukkan pola kepemimpinan Pondok Pesantren.
- Menyebutkan faham keagamaan yang diajarkan di Pondok Pesantren
- Menunjukkan hubungan NU dengan Pondok Pesantren.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
- Menjelaskan pengertian pondok pesantren
- Menyebutkan unsur- unsur pokok pondok pesantren.
- Menjelaskan sejarah berdirinya pondok pesantren.
- Menjelaskan pola kepemimpinan pondok pesantren.
- Menjelaskan faham keagamaan yang diajarkan di pondok pesantren.
- Menjelaskan hubungan antara NU dengan Pondok Pesantren.
B. Sumber Belajar
-
Buku pelajaran Aswaja
-
Ensiklopedi Islam.
-
Buku Tentang Pondok Pesantren
-
Laptop Dan Infocus Projektor
C. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1
1.
Materi Pembelajaran
Pondok
Pesantren
2.
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
3. Metode Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
-
Penugasan
4.
Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan berdoa bersama sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan
Yang Maha Esa yang telah menciptakan alam dan seisinya
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Motivasi dan
Apersepsi :
-
Memberikan pertanyaan-pertanyaan
singkat untuk mengatarkan ke materi pokok dan untuk menggali pengalaman awal
siswa,
1.
Pernakah anak-anak mondok ?
2.
Coba anak-anak sampaikan bagaimana
kegiatan di pondok pesantren ?
5.
Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
§
Siswa membaca buku untuk
menggali informasi tentang pengertian pondok pesantren, unsur-unsur pondok
pesantren.
§
Guru menjelaskan secara
singkat tentang pengertian pondok pesantren, dan unsur-unsur pondok pesantren.
Implementasi Pendikar
Siswa dapat menghargai teman yang
lainnya dengan tidak berbicara sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika
tidak mengetahui sesuatu.
b.
ELABORASI
§
Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum jelas
atau yang belum dimengerti.
§
Guru memberikan cerita
latar belakang berdirinya suatu pondok pesantren untuk memperdalam dan memperluas pemahaman
siswa , seperti tentang sejarah berdirinya pondok pesantren di Indonesia.
Implementasi Pendikar
Menghargai teman yang bertanya
ketika tidak mengetahui sesuatu.Sopan dalam bertannya dengan menggacungkan
tangan kanan, Menggunakan kata-kata yang Baik, Menghargai Pertanyaan teman.
c.
KONFIRMASI
§
Guru bertanya pada siswa tentang
minat untuk belajar di pondok pesantren
§
Siswa diajak berdiskusi
bersama tentang peran pondok pesantren dalam pengembangan ajaran Islam di Indonesia.
§
Siswa mencatat hal-hal
penting yang terkait dengan sejarah pondok pesantren.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab
dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata
yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak Demokratis dalam melaksanakan diskusi
menerima kesepakatan hasil diskusi.
6.
Kegiatan Penutup
~ Guru memberikan pertanyaan
untuk mengukur pemahaman siswa
~ Guru memberikan motivasi pada
siswa untuk belajar dirumah
~ Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1. Materi Pembelajaran
Pondok
Pesantren
2.
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
3. Metode Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
-
Penugasan
4.
Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan berdoa bersama sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan
Ynag Maha Esa yang telah menciptakan alam dan seisinya
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Motivasi
dan Apersepsi :
-
Memberikan pertanyaan yang terkait
dengan pertemuan kemarin, tentang pengertian pondok pesantren dan unsur-unsur
pondok pesantren.
-
Menyampaikan pada siswa tentang
kompetensi dasar yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§
Siswa membaca buku untuk
menggali informasi tentang sejarah berdirinya pondok pesantren di Indonesia.
§
Guru menjelaskan secara singkat tentang sejarah
berdirinya pondok pesantren di Indonesia.
Implementasi Pendikar
Siswa dapat menghargai teman yang
lainnya dengan tidak berbicara sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika
tidak mengetahui sesuatu.
b.
ELABORASI
§
Siswa menggali informasi
tentang sejarah pondok pesantren, tokoh
perintis berdirinya pondok pesantren dan latar belakang berdirinya pondok
pesantren.
§
Guru membantu siswa untuk
mengidentifikasi sejarah berdirinya pondok pesantren.
§
Beberapa siswa menyampaikan
hasil identifikasi dan siswa yang lain menanggapinya.
Implementasi Pendikar
Menghargai teman yang bertanya
ketika tidak mengetahui sesuatu.Sopan dalam bertannya dengan menggacungkan
tangan kanan, Menggunakan kata-kata yang Baik, Menghargai Pertanyaan teman.
c.
KONFIRMASI
§
Siswa dengan dibantu guru
menyimpulkan tentang tokoh perintis
berdirinya pondok pesantren, latar belakang berdirinya dan perjalanan
sejarahnya dari masa ke masa.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab
dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata
yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak Demokratis dalam melaksanakan
diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
3. Kegiatan Penutup
~ Guru memberi penegasan
tentang sejarah berdirinya pondok
pesantren dari masa ke masa.
~ Guru memberi
informasi tentang pertemuan yang akan datang adalah diskusi tentang hubungan
hubungan antara NU dengan pondok pesantren dan mengingatkan siswa untuk
mempelajari dirumah.
Pertemuan 3
1.
Materi Pembelajaran
Pondok
Pesantren
2.
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
3. Metode Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
-
Penugasan
4.
Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan berdoa bersama sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan
Ynag Maha Esa yang telah menciptakan alam dan seisinya
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Motivasi dan Apersepsi :
-
Memberikan pertanyaan-pertanyaan
yang terkait dengan pertemuan kemarin, apa yang di maksud pondok pesntren?,
siapa tokoh pendiri pertama pondok pesantren? Dll.
-
Memberikan pertanyaan untuk
menggali pengalaman siswa tentang kompetensi dasar yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§
Siswa membaca buku untuk
menggali informasi tentang pola kepemimpinan di pondok pesantren dan faham
keagamaan yang diajarkan dipondok pesantren
§
Guru menjelaskan secara
singkat tentang pola kepemimpinan di pondok pesantren dan faham keagamaan yang
diajarkan dipondok pesantren
Implementasi Pendikar
Siswa dapat menghargai teman yang
lainnya dengan tidak berbicara sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika
tidak mengetahui sesuatu.
b. ELABORASI
§
Siswa menggali informasi
tentang fungsi dan peran Kyai pada pondok pesantren.
§
Guru membantu siswa untuk
mengidentifikasi faham-faham keagamaan yang diajarkan dipondok pesantren.
§
Beberapa siswa menyampaikan
hasil identifikasi dan siswa yang lain menanggapinya.
Implementasi Pendikar
Menghargai teman yang bertanya
ketika tidak mengetahui sesuatu.Sopan dalam bertannya dengan menggacungkan
tangan kanan, Menggunakan kata-kata yang Baik, Menghargai Pertanyaan teman.
c. KONFIRMASI
§
Siswa dengan dibantu guru
menyimpulkan tentang peran Kyai pada pondok pesantren dan faham-faham keagamaan
yang diajarkan di pondok pesantren.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab
dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
3.
Kegiatan Penutup
~ Guru memberi
penegasan tentang peran kyai pada pondok pesantren dan faham-faham keagamaan
yang diajarkan di Pondok Pesantren.
~ Guru memberi
informasi tentang pertemuan yang akan datang adalah diskusi tentang hubungan
hubungan antara NU dengan pondok pesantren dan mengingatkan siswa untuk
mempelajari dirumah.
Pertemuan 4
1. Materi Pembelajaran
Pondok
Pesantren
2.
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
3. Metode Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
-
Penugasan
4.
Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan berdoa bersama sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan
Ynag Maha Esa yang telah menciptakan alam dan seisinya
~ Mengabsen
kehadiran siswa
5.
Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§
Setiap kelompok berdiskusi
tentang hubungan NU dengan podok pesantren
§
Guru membimbing siswa dalam
berdiskusi
Implementasi Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan
menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak
Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
b. ELABORASI
§
Masing-masing kelompok
diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok
§
Kelompok lain diberi
kesempatan untuk menanggapi
§
Guru berfungsi sebagai
fasilitator
Implementasi Pendikar
Mengutarakan hasil diskusi dengan
menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberika
kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya.
c. KONFIRMASI
§
Siswa menyimpulkan hasil
diskusi.
§
Guru memberi penegasan dan
melengkapi atau menyempurnakan hasil kesimpulan diskusi.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab
dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
6. Kegiatan Penutup
~ Guru menginformasikan bahwa
pertemuan yang akan datang Ulangan Harian.
~ Guru memberikan tugas individu,
menulis tentang sejarah berdirinya sebuah pondok pesantren
~ Guru memotifasi siswa untuk
belajar dirumah.
- Sumber Belajar
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah
amaliyah dan tradisi.
~ Buku Tahlil dalam prespektif Al
Qur’an dan As Sunnah
~ Buku NU dan Islam di Indonesia,
tinjauan fiqih dalam politik.
~ Laptop Dan Infocus Projektor
- Penilaian
Tes lisan
Tes tertulis
Produk
Pengamatan/observasi PBM
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Kepala Sekolah
SMP Avisena
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul
Munir, S.Th.I
Lampiran-1
Soal Ulangan Harian (
SK/KD : 1 / 1.1., 1.2. )
1. Jelaskan pengertian pondok pesantren !
2. Sebutkan elemen-elemen pokok pondok pesantren !
3. Jelaskan peranan pokok seorang kyai pada pondok pesantren !
4. Kapan pertama kali pondok pesantren berdiri di Indonesia !
5. Siapakah tokoh perintis berdirinya pondok pesantren di Indonesia
?
6. Jelaskan kesamaan pola kepemimpinan NU dengan pondok pesantren !
7. Jelaskan kesamaan tujuan antara NU dengan pondok pesantren !
8. Jelaskan dampak yang timbul perkembangan pondok pesantren
terhadap kebesaran NU !
Penilaian :
-
Skor tiap soal 10 poin , Skor
maksimal 80
-
Nilai Akhir : Jumlah
perolehan Skor x 100
Skor maksimal
Tugas Kelompok:
1.
Membuat sejarah berdirinya
sebuah pondok pesantren.
2.
Mencari data Di Internet
Beserta gambarnya tentang Pondok Salaf Dan Modern
Rambu-rambu :
-
Dikerjakan dikertas HVS
-
Diberi cover dan dijilid
-
Dikumpulkan 2 pertemuan yang akan
datang.
-
Jumlah halaman tidak dibatasi.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas / Semester :
VII ( Tujuh ) / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit ( 3xpertemuan)
Standar Kompetensi
2. Memiliki pemahaman
tentang sejarah kelahiran NU
Kompetensi Dasar
2.1.
Mendiskripsikan latar belakang kelahiran NU
Indikator
1.
Menceritakan latar belakang kelahiran NU
2.
Menjelaskan sebab-sebab lahirnya Komite Hijaz
3.
Menjelaskan hubungan Komite Hijaz dengan kelahiran NU
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan latar belakang
kelahiran NU
2.
Menjelaskan tentang Komite Hijaz
3.
Menjelaskan hubungan antara Komite
Hijaz dengan kelahiran NU
B. Materi
Pembelajaran
Kelahiran Nahdlatul Ulama
C. Metode
Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
-
Penugasan
D. Langkah-langkah
kegiatan
Pertemuan 1
3.
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Mengawali pembelajaran
dengan berdoa bersama
Ø
Mengabsen kehadiran siswa
Ø
Motivasi dan apersepsi :
-
Memberikan pertanyaan-pertanyaan
singkat untuk mengatarkan ke materi pokok dan untuk menggali pengalaman awal
siswa,
1.
Adakah ditempat tinggalmu papan
nama Pengurus NU ?
2.
Kapan diperingati Harlah NU ?
2. Kegiatan
Inti
a. EKSPLORASI
§
Siswa menggali informasi
dari buku tentang sebab-sebab berdirinya jamiyah NU
§
Siswa mencatat informasi
penting yang terkait dengan sebab-sebab berdirinya NU
b. ELABORASI
§
Guru menjelaskan secara
singkat tentang factor intern dan factor ekstern berdirinya jamiyah NU
§
Guru memberikan beberapa
pertanyaan kepada siswa dan siswa menanggapi pertanyaan guru
§
Siswa menanggapi penjelasan
guru dengan menyampaikan beberapa pertanyaan.
c. KONFIRMASI
§
Siswa dengan dibantu guru
menyimpulkan dari materi pelajaran yang telah dipelajari bersama-sama.
Implementasi Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Jujur Dalam mengungkapkan, Siswa
memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak
memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan
hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang
baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok
lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya
dengan tidak berbicara sendiri, Serta mengingatkan pada teman yang mengganggu
jalannya proses belajar mengajar, menghargai teman yang bertanya ketika tidak
mengetahui sesuatu.
3. Kegiatan Penutup
Ø Guru memberikan pertanyaan untuk mengukur pemahaman siswa
Ø Guru memberikan motivasi pada siswa untuk belajar dirumah
Ø Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan
2
- Kegiatan Pendahuluan
Ø
Mengawali pembelajaran
dengan berdoa bersama
Ø
Mengabsen kehadiran siswa
Ø
Motivasi dan apersepsi
2. Kegiantan Inti
a. EKSPLORASI
§
Siswa menggali informasi
dari sumber belajar tentang sebab-sebab terbentuknya Komite Hijaz, misi yang akan
dibawa oleh Komite Hijaz, tugas Komite Hijaz dan susunan Komite Hijaz.
§
Siswa mencatat informasi
yang telah diperolehnya dari sumber belajar.
b. ELABORASI
§
Guru menjelaskan tentang
latar belakang pembentukan Komite Hijaz.
§
Guru membagikan kertas pada
seluruh siswa kemudian guru membacakan beberapa pertanyaan.
§
Siswa menjawab pertanyaan
pada kertas yang dibagikan oleh guru.
§
Siswa mengumpulkan kertas
jawaban, selanjutnya guru membagikan kembali pada siswa secara acak.
§
Siswa dan guru membehas
secara bersama-sama.
c. KONFIRMASI
§
Siswa diberi kesempatan
untuk mengajukan pertanyaan untuk memperdalam materi pelajaran.
§
Guru melakukan umpan balik.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan
pendapat dengan menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan
kehendak, Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil
diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan
sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk
mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan
tidak berbicara sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui
sesuatu.
c. Kegiatan Penutup
Ø Guru memberikan pertanyaan untuk mengukur pemahaman siswa
Ø Guru memberikan motivasi pada siswa untuk belajar dirumah
Ø Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan
3
- Kegiatan Pendahuluan
Ø
Mengawali pembelajaran
dengan berdoa bersama
Ø
Mengabsen kehadiran siswa
Ø
Motivasi dan apersepsi
Ø
Guru menjelaskan materi
yang akan dipelajari
2. Kegiantan Inti
a. EKSPLORASI
§
Guru mencatat beberapa
pertanyaan dipapantulis, seperti: Dikota mana NU dilahirkan, Kapan NU berdiri,
Siapa yang mendirikan NU, dan jelaskan hubungan kelahiran NU dengan Komite
Hijaz
§
Siswa mencari jawaban
dengan membaca buku dan mencatat hasil jawabannya.
b. ELABORASI
§
Guru menunjuk beberapa
siswa maju kedepan untuk membacakan
hasil jawabannya
§
Siswa lain menanggapi hasil
jawaban siswa.
c. KONFIRMASI
§
Guru dan siswa melakukan
refleksi dan secara bersama-sama menyimpulkan tentang hubungan kelahiran Nu
dengan Komite Hijaz.
Implementasi Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil
diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung
jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya.
Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri,
menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3. Kegiatan Penutup
Ø Guru memberikan pertanyaan untuk mengukur pemahaman siswa
Ø Guru memberikan motivasi pada siswa untuk belajar dirumah
Ø Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah
amaliyah dan tradisi.
~ Buku Tahlil dalam prespektif Al
Qur’an dan As Sunnah
~ Buku NU dan Islam di Indonesia,
tinjauan fiqih dalam politik.
~ Laptop Dan Infocus Projektor
F. Penilaian
~ Tes lisan
~ Pengamatan / observasi PBM
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP Avisena Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
Lampiran-1
Soal tes lisan
1. Pada abad berapa gerakan pembaruan mulai muncul di Indonesia
?
2. Siapa pembawa masuknya aliran wahabi ke Indonesia
3. Daerah mana yang pertama kali muncul gerakan pembaruan Islam
4. Siapan nama raja Saudi
Arabia yang beralran Wahabi ?
5. Apa aspirasi yang ingin disampaikan oleh kelompok ulama pondok
pesantren terhadap raja Saudi
Arabia ?
6. Apa Komite Hijaz itu ?
7. Siapa Ketua Komite Hijaz ?
8. Kapan Jamiyah NU lahir !
9. Apa arti Nahdlatul Ulama ?
10. Siapa pendiri jamiyah NU ?
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas / Semester :
VII ( Tujuh ) / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit ( 3xpertemuan)
Standar Kompetensi
.2. Memiliki
pemahaman tentang sejarah kelahiran NU
Kompetensi Dasar
2.2.
Mendiskripsikan tokoh-tokoh dibalik kelahiran NU
Indikator
1.
Menyebutkan tokoh-tokoh penting dibalik kelahiran NU
2.
Menjelaskan peran KH. Moh. Kholil terhadap kelahiran NU
3.
Menjelaskan peran KH. Hasyim Asy’ari terhadap kelahiran NU
4.
Menjelaskan peran KH. Abdul Wahab Hasbullah terhadap kelahiran NU
5.
Menjelaskan peran KH. Mas Alwi Abdul Aziz terhadap jamiyah NU
6.
Menjelaskan peran KH. Ridlwan Abdullah terhadap jamiyah NU.
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1. Menyebutkan
tokoh-tokoh penting dibalik kelahiran NU
2. Menjelaskan
peran KH. Moh. Kholil terhadap kelahiran NU
3. Menjelaskan
peran KH. Hasyim Asy’ari terhadap kelahiran NU
4. Menjelaskan
peran KH. Abdul Wahab Hasbullah terhadap kelahiran NU
5. Menjelaskan
peran KH. Mas Alwi Abdul Aziz terhadap jamiyah NU
6. Menjelaskan
peran KH. Ridlwan Abdullah terhadap jamiyah NU.
B. Materi Pembelajaran
Kelahiran Nahdlatul Ulama
C. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan
D. Langkah-langkah
kegiatan
Pertemuan 1
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan apersepsi
2.
Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
§
Guru menjelaskan dan
menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan penting dibalik kelahiran NU.
§
Siswa menggali informasi
dari sumber belajar tentang usaha-usaha yang dilakukan oleh KH. Abdul Wahab
Hasbullah sebelum terbentuknya NU dan
peran penting KH. Abdul Wahab Hasbullah dalam menggagas berdirinya
jamiyah NU.
§
Siswa menggali informasi
tentang usaha-usaha KH. Hasyim Asy’ari sebelum dan sesudah terbentuknya NU.
§
Siswa menggali informasi
tentang peran KH. Moh. Kholil sebelum terbentuknya NU dan mengapresiasikan
sumbangannya dalam pembentukan dan penyebaran jamiyah NU.
§
Siswa menggali informasi
tentang peran KH. Mas Alwi Abdul Aziz dan KH. Ridlwan Abdullah terhadap
berdirinya jamiyah NU.
b.
ELABORASI
§
Siswa dengan dipandu guru
melakukan tanya jawab tentang tokoh-tokoh yang berperan penting dibalik
kelahiran NU.
c.
KONFIRMASI
§
Guru meluruskan
jawaban-jawaban siswa
§
Siswa bersama-sama guru
menyimpulkan materi pelajaran yang dibahas
Implementasi
Pendikar
Siswa Menjawab
dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi
dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab,
memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa
dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, menghargai
teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3.
Kegiatan Penutup
~ Melakukan
refleksi materi yang telah dibahas.
~ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1.
Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motivasi
~
Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi
materi.
2.
Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
§
Siswa dengan dibantu guru
membentuk kelompok menjadi 9-10 kelompok.
§
Setiap kelompok menyiapkan
kertas karton dan alat tulis
§
Setiap anggota kelompok bekerja
sama untuk menggambar lambang NU
§
Hasil kerja kelompok
dikumpulkan kedepan kelas
b.
ELABORASI
§
Setiap kelompok diberi
kesempatan untuk menjelaskan arti dari lambang NU
§
Kelompok yang lain
menanggapi penjelasan temannya
c.
KONFIRMASI
§
Guru menjelaskan yang
sebenarnya tentang arti dari lambang NU
§
Hasil kerja siswa ditempel
didinding kelas.
Implementasi Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan
menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak,
Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan
penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3.
Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3
- Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali
pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen
kehadiran siswa
~ Memberi
motivasi
~
Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi
materi.
- Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
§
Siswa dengan dibantu guru
membentuk kelompok menjadi 7-8 kelompok.
§
Siswa berdiskusi tentang
latar belakang kelahiran NU, hubungan antara Komite Hijaz dengan kelahiran NU
dan tokoh-tokoh dibalik kelahiran NU.
§
Setiap anggota kelompok
mengidentifikasi tentang topic masalah dalam diskusi.
§
Siswa sesama anggota
kelompoknya melakukan tanya jawab selanjutnya merumuskan secara bersama-sama
jawaban kelompoknya.
b.
ELABORASI
§
Siswa menempel hasil
diskusi kelompok
§
Setiap kelompok diberi
kesempatan melakukan presentasi
§
Siswa kelompok yang lain memberi
tanggapan.
c.
KONFIRMASI
§
Guru meluruskan
jawaban-jawaban dan tanggapan siswa.
§
Siswa bersama-sama guru
menyimpulkan materi yang dibahas.
Implementasi Pendikar
Siswa Menjawab
dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan kata-kata
yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam melaksanakan
diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil diskusi dengan
menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung jawab, memberikan
kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat
menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri, menghargai teman
yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
- Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah
amaliyah dan tradisi.
~ Buku Tahlil dalam prespektif Al
Qur’an dan As Sunnah
~ Buku NU dan Islam di Indonesia,
tinjauan fiqih dalam politik.
F. Penilaian
~ Ulangan Harian
~ Pengamatan / observasi diskusi.
~ Penilaian produk.
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP Avisena Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul
Munir, S.Th.I
Lampiran -1
Soal Ulangan Harian SK / KD (
2 / 2.1., 2.2 )
1. Siapa pembawa gerakan pembaruan Islam ke Sumatera Barat ?
2. Kenapa Ulama pondok pesantren menentang gerakan Pembaruan Islam
!
3. Dinegara manakah tempat pusat perkembangan aliran Wahabi !
4. Sebutkan hasil pertemuan para Ulama di rumah KH.Wahab Hasbullah
!
5. Siapakan 2 orang ulama yang diutus untuk menghadap raja Saudi Arabia
?
6. Siapakah penggagas berdirinya Taswirul Afkar ?
7. Kapan jamiyah Nahdlatul Ulama berdiri !
8. Siapa pencetus nama jamiyah Nahdlatul Ulama ?
9. Tulislah aspirasi yang ingin disampaikan oleh para ulama pondok
pesantren kepada raja Saudi
Arabia
10. Apa arti Bintang Sembilan pada lambang NU ?
Skor tiap item 10
Nilai = jumlah skor yang diperoleh
/ skor maksimal x 100
Materi Diskusi Kelompok SK /
KD ( 2 / 2.1., 2.2. )
Ø Jelaskan factor dalam negeri dan factor luar negeri yang menjadi
salah satu sebab berdirinya jamiyah Nahdlatul Ulama !
Ø Jelaskan apa yang melatar belakangi dibentuknya Komite Hijaz !
Ø Jelaskan hubungan antara Komite Hijaz dengan berdirinya jamiyah
NU !
Ø Sebutkan organisasi-orgasisasi yang didirikan oleh para ulama
sebelum NU berdiri !
Ø Jelaskan peran para ulama dibawah ini terhadap berdirinya
jamiyan NU :
-
KH. Moh. Kholil
-
KH. Hasyim Asy’ari
-
KH. Abdul Wahab Hasbullah
Tugas Individu:
Tulislah riwayat hidup / biografi
ulama berikut :
-
KH. Moh. Kholil -
KH. Hasyim Asy’ari
- KH. Abdul Wahab Hasbullah - KH. Mas Alwi Abdul Aziz
- KH. Ridlwan Abdullah - Tokoh NU
lainnya.
Rambu-rambu:
Siswa mencari datadi internet
tentang riwayat hidup/biografi salah satu dari tokoh diatas dan di beri foto
taw gambar.
Ditulis di kertas HVS dan diberi
cover kemudian dijilid
Minimal 5 halaman.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas / Semester :
VII ( Tujuh ) / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit ( 3xpertemuan)
Standar Kompetensi
.3. Mengenal jamiyah Nahdlatul Ulama
Kompetensi Dasar
3.1.
Menjelaskan visi, misi dan tujuan NU
3.2. Mengidentifikasi
pokok-pokok program NU
3.3.
Mengidentifikasi ikhtiar NU bidang agama
3.4.
Mengidentifikasi ikhtiar NU bidang pendidikan.
Indikator
1.
Menyebutkan visi dan misi jamiyah NU
2.
Menyebutkan tujuan jamiyah NU
3.
Menjelaskan pkok-pokok program NU
4.
Menyebutkan contoh-contoh ikhtiar NU bidang agama
5. Menyebutkan
contoh-contoh ikhtiar NU bidang pendidikan.
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1. Menyebutkan
visi dan misi jamiyah NU
2. Menyebutkan
tujuan jamiyah NU
3. Menjelaskan
pkok-pokok program NU
4. Menyebutkan
contoh-contoh ikhtiar NU bidang agama
5. Menyebutkan
contoh-contoh ikhtiar NU bidang pendidikan.
B. Materi Pembelajaran
Hakikat Nahdlatul Ulama
C. Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya Jawab
- Penugasan
D. Langkah-langkah
kegiatan
Pertemuan 1
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan apersepsi
2.
Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
§
Siswa menggali informasi
dari sumber belajar untuk mengidentifikasi visi dan misi jamiyah Nahdlatul
Ulama.
§
Guru menjelaskan secara
singkat tentang pengertian visi dan misi jamiyah Nahdlatul Ulama.
b.
ELABORASI
§
Siswa dan guru
mengidentifikasi visi dan misi orgasisasi yang ada disekitar.
§
Siswa dan guru tanya jawab
tentang pentingnya visi dan misi suatu organisasi.
c.
KONFIRMASI
§
Guru menjelaskan kedudukan
visi dan misi pada sebuah organisasi.
§
Siswa dan guru menyimpulkan
materi yang telah dibahas.
Implementasi
Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan
menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak,
Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan
penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk
mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan
tidak berbicara sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui
sesuatu.
3. Kegiatan Penutup.
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan apersepsi
2. Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
§
Siswa menggali informasi
dari sumber belajar untuk mengidentifikasi tujuan organisasi NU dan pokok-pokok
program NU.
§
Guru menjelaskan secara
singkat tentang tujuan organisasi NU dan pokok-pokok program NU.
b.
ELABORASI
§
Siswa dan guru mengidentifikasi
kesuaian tujuan organisasi NU dengan pokok-pokok programnya.
§
Siswa dan guru
mengidentifikasi pokok-pokok program NU yang berkaitan secara langsung dengan
kemaslahatan umat.
c.
KONFIRMASI
§
Guru menjelaskan kesesuaian
antara pokok-pokok program NU dengan tujuan awal didirikannya jamiyah NU.
§
Siswa dengan dibantu guru
menyimpulkan materi yang dibahas.
Implementasi
Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan
menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak,
Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan
penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk
mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan
tidak berbicara sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui
sesuatu.
3. Kegiatan Penutup.
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan apersepsi
2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§
Siswa menggali informasi
dari sumber belajar untuk mengidentifikasi contoh-contoh ikhtiar NU bidang
agama dan pendidikan.
§
Guru menunjukkan
contoh-contoh kegiatan NU dalam rangka pemahaman keagamaan pada warganya
§
Guru menunjukkan
contoh-contoh kegiatan NU dalam rangka peningkatan kualitas dan kuantitas
pendidikan dilingkungan NU.
b. ELABORASI
§
Siswa dan guru tanya jawab
seputar ikhtiar NU bidang agama dan
pendidikan.
§
Guru menunjuk beberapa
siswa untuk menjelaskan tentang Lailatul Ijtima’, Bahtsul Masail, amar ma’ruf
nahi munkar dan LP. Ma’arif serta RMI.
c. KONFIRMASI
§
Guru meluruskan
jawaban-jawaban siswa
§
Siswa dan guru bersama-sama
menyimpulkan materi pembahasan.
Implementasi
Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan
menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak,
Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan
penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk
mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan
tidak berbicara sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui
sesuatu.
3. Kegiatan Penutup.
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah
amaliyah dan tradisi.
~ Buku Tahlil dalam prespektif Al
Qur’an dan As Sunnah
~ Buku NU dan Islam di Indonesia,
tinjauan fiqih dalam politik.
F. Penilaian
~ Pengamatan / observasi PBM
Jabon, 5 November 2011
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Kepala
Sekolah SMP Avisena
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas / Semester :
VII ( Tujuh ) / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 2xpertemuan)
Standar Kompetensi
.3. Mengenal jamiyah Nahdlatul Ulama
Kompetensi Dasar
3.5.
Mengidentifikasi ikhtiar NU bidang ekonomi
3.6.
Mengidentifikasi ikhtiar NU bidang social.
Indikator
1. Menyebutkan contoh-contoh ikhtiar NU bidang
ekonomi
2. Menyebutkan contoh-contoh ikhtiar NU bidang
social.
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1. Menyebutkan contoh-contoh ikhtiar NU bidang
ekonomi
2. Menyebutkan contoh-contoh ikhtiar NU bidang
social.
C. Materi Pembelajaran
Hakikat Nahdlatul Ulama
C. Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Penugasan
D. Langkah-langkah
kegiatan
Pertemuan 1
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan apersepsi
2.
Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§ Siswa menggali informasi dari sumber belajar untuk
mengidentifikasi ikhtiyar NU bidang ekonomi dan social.
§ Guru menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan NU bidang ekonomi dan
social.
b. ELABORASI
§ Siswa dan guru mengidentifikasi bentuk kegiatan NU dilingkungan
sekitar berkaitan dengan bidang ekonomi dan social.
§ Siswa dan guru tanya jawab tentang kegiatan NU bidang ekonomi
dan social dalam kaitannya dengan kesejahteraan ekonomi dan social maayarakat
sekitarnya.
c. KONFIRMASI
§ Guru menjelaskan signifikasi kegiatan-kegiatan NU bidang ekonomi
dan social dalam kaitanya dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
§ Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi pembahasan.
Implementasi
Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan
menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis
dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3. Kegiatan Penutup.
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan apersepsi
2.
Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
§ Siswa dengan dipandu guru membentuk kelompok diskusi menjadi 8-10 kelompok.
§ Siswa berdiskusi tentang ikhtiyar yang dilakukan oleh NU
§ Masing-masing anggota kelompok mengidentifikasi
ikhtiyar-ikhtiyar NU
§ Siswa memadukan jawabannya sesama anggota kelompok.
§ Jawaban yang telah disepakati ditulis di kertas folio dan
dikumpulkan.
b.
ELABORASI
§ Masing-masing anggota kelompok diberi kesempatan melakukan
presentasi.
§ Kelompok yang lain memberi tanggapan
c.
KONFIRMASI
§ Guru mengomentari jawaban-jawaban siswa.
§ Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.
Implementasi
Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan
menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak,
Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan
penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk
mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan
tidak berbicara sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui
sesuatu.
3. Kegiatan Penutup.
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah
amaliyah dan tradisi.
~ Buku Tahlil dalam prespektif Al
Qur’an dan As Sunnah
~ Buku NU dan Islam di Indonesia,
tinjauan fiqih dalam politik.
F. Penilaian
~ Pengamatan / observasi Diskusi
~ Ulangan Harian
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP Avisena Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
Lampiran-1
Diskusikanlah ! ( SK / KD : 3 / 3.1 s.d. 3.6. )
F Jelaskan mengapa suatu organisasi harus memiliki visi dan misi !
F Tulislah visi, misi dan tujuan jamiyah Nahdlatul Ulama !
F Tulislah beberapa kegiatan NU yang terkait dengan bidang agama !
F Jelaskan beberapa contoh kegiatan LP Ma’arif yang terkait dengan
peningkatan pendidikan dilingkungan NU !
F Mengapa NU punya perhatian besar terhadap pemberdayaan ekonomi
masyarakat perdesaan !
SOAL ULANGAN HARIAN
à Mengerjakan soal
latihan semester ganjil di buku paket
Skor tiap item 2
Nilai = jumlah skor yang diperoleh
/ skor maksimal x 100
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas / Semester :
VII ( Tujuh ) / Genab
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit ( 3xpertemuan)
Standar Kompetensi
.4. Memahami system organisasi Nahdlatul Ulama
Kompetensi Dasar
4.1.
Mendiskripsikan peran ulama dalam organisasi NU
4.2.
Mengidentifikasi fungsi Mustasyar, Syuriyag dan Tanfidhiyah.
4.3.
Mendiskripsikan tingkat kepengurusan NU
4.4.
Mengidentifikasi perangkat organisasi NU
Indikator
1. Menjelaskan
peran ulama dalam organisasi NU
2.
Menjelaskan fungsi Mustasyar, Syuriyah, dan Tanfidhiyah
3.
Mengidentifikasi tingkat kepengurusan NU
4.
Menjelaskan perangkat organisasi NU
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1. Menjelaskan
peran ulama dalam organisasi NU
2. Menjelaskan
fungsi Mustasyar, Syuriyah, dan Tanfidhiyah
3.
Mengidentifikasi tingkat kepengurusan NU
4. Menjelaskan
perangkat organisasi NU
D. Materi Pembelajaran
Sistem keorganisasian NU
C. Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya Jawab
3.
Penugasan
D. Langkah-langkah
kegiatan
Pertemuan 1
1.
Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan apersepsi
2.
Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§ Siswa menggali informasi dari sumber belajar untuk
mengidentifikasi hakekat jamiyah Nahdlatul Ulama
§ Guru menjelaskan secara singkat tentang hakekat jamiyah
Nahdlatul Ulama.
b. ELABORASI
§ Siswa dan guru Tanya jawab tentang hakekat jamiyah Nahdlatul
Ulama
§ Siswa dan guru mengidentifikasi alasan atau makna dipilihnya
nama ulama, sebagai nama organisasi.
§ Siswa dan guru memahami makna tersirat dari hadis Nabi yang
diriwayatkan oleh imam Ahmad dalam mukadimah Qanun Asasi yang ditulis oleh KH.
Hasyim Asy’ari.
c. KONFIRMASI
§ Guru menjelaskan kedudukan ulama dalam keorganisasian NU
§ Guru menjelaskan pendapat KH. Ahmad Shidiq, terhadap pemilihan
nama organisasi NU.
§ Siswa dan guru menyimpulkan materi yang dibahas.
Implementasi
Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan
menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak,
Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan
penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk
mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan
tidak berbicara sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui
sesuatu.
3.
Kegiatan Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan apersepsi
2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§ Siswa menggali informasi dari sumber belajar untuk
mengidentifikasi system kepengurusan NU dan tingkat kepengurusan NU.
§ Siswa membedakan fungsi dan tugas antara mustasyar, syuriyah dan
tanfidhiyah.
§ Guru menjelaskan perbedaan susunan kepengurusan antara
mustasyar, syuriyah dan tanfidhiyah.
b. ELABORASI
§ Siswa dan guru tanya jawab untuk menggali informasi tentang
tingkat kepengurusan NU
§ Siswa dan guru tanya jawab untuk menggali informasi tentang
perbedaan antara Pengurus Cabang NU dengan Pengurus Cabang Istimewa NU.
§ Siswa dan guru mengidentifikasi syarat-syarat pendirian PCINU.
c. KONFIRMASI
§ Guru mendiskripsikan bagan struktur kepengurusan NU mulai dari
Pengurus Besar sampai Pengurus Ranting.
§ Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.
Implementasi
Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan
menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak,
Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan
hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh
tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan
pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara
sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3. Kegiatan Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan apersepsi
2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§ Siswa menggali informasi dari sumber belajar untuk
mengidentifikasi tentang perangkat organisasi NU.
§ Siswa membedakan antara lembaga, lajnah dan badan otonom NU
§ Siswa mengidentifikasi contoh-contoh lembaga NU, contoh lajnah
NU dan contoh badan otonom NU.
b. ELABORASI
§ Guru dan siswa tanya jawab tentang tugas dan fungsi dari
masing-masing lembaga NU, hisab dan ru’yatul hilal dan perbedaan keanggotaan
dari badan otonom NU.
c. KONFIRMASI
§ Guru menjelaskan kedudukan dari masing-masing perangkat
organisasi NU
§ Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.
Implementasi
Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil
diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung
jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya.
Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri,
menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3. Kegiatan Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah
amaliyah dan tradisi.
~ Buku Tahlil dalam prespektif Al
Qur’an dan As Sunnah
~ Buku NU dan Islam di Indonesia,
tinjauan fiqih dalam politik.
F. Penilaian
~ Pengamatan / observasi PBM
~ Kuis / Tes Lisan.
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP Avisena Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas / Semester :
VII ( Tujuh ) / Genab
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 2xpertemuan)
Standar Kompetensi
.4. Memahami system organisasi Nahdlatul Ulama
Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi permusyawaratan
NU
Mengidentifikasi keanggotaan NU
Indikator
1. Menyebutkan
macam-macam permusyawaratan NU
2.
Menjelaskan macam-macam keanggotaan NU
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1.
Menyebutkan macam-macam permusyawaratan NU
2.
Menjelaskan macam-macam keanggotaan NU
B. Materi
Pembelajaran
Sistem keorganisasian NU
C. Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya Jawab
3.
Diskusi
4.
Penugasan
D. Langkah-langkah
kegiatan
Pertemuan 1
- Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan apersepsi
- Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§ Siswa menggali informasi dari sumber belajar untuk mengidentifikasi
permusyawaratan NU dan keanggotaan NU.
§ Guru menunjukkan peta konsep tentang permusyawaratan NU mulai
PBNU sampai PRNU.
b. ELABORASI
§ Siswa dan guru Tanya jawab tentang agenda pembahasan dari
masing-masing permusyawaratan.
§ Siswa dan guru mengidentifikasi letak-letak perbedaan antar
keanggotaan NU.
c. KONFIRMASI
§ Guru menjelaskan hak dan kewajiban masing-masing keanggotaan NU
§ Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
§ Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi yang telah
dibahas.
Implementasi
Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan
menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak,
Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan
penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk
mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan
tidak berbicara sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui
sesuatu.
- Kegiatan Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
- Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan apersepsi
- Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§ Siswa dengan dipandu guru membentuk kelompok diskusi menjadi
8-10 kelompok.
§ Siswa berdiskusi tentang system keorganisasian NU.
§ Siswa menggali informasi tentang system keorganisasian NU
§ Siswa memadukan jawabanya sesama anggota kelompoknya untuk
menyatukan pendapat.
§ Siswa mengumpulkan hasil jawaban diskusi kelompok.
b. ELABORASI
§ Setiap kelompok diberi kesempatan untuk melakukan presentasi
§ Kelompok yang lain menanggapi presentasi temannya.
c. KONFIRMASI
§ Guru meluruskan jawaban-jawaban hasil diskusi siswa.
§ Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkannya.
Implementasi
Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan
menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak,
Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan
penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk
mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan
tidak berbicara sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui
sesuatu.
- Kegiatan Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah
amaliyah dan tradisi.
~ Buku Tahlil dalam prespektif Al
Qur’an dan As Sunnah
~ Buku NU dan Islam di Indonesia,
tinjauan fiqih dalam politik.
F. Penilaian
~ Pengamatan / Observasi Diskusi
~ Ulangan Harian.
~ Tugas
Individu ( membuat susunan Pengurus NU PRNU / MWC NUdisesuaikan dengan daerahnya)
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP Avisena Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
Lampiran-1
Ulangan Harian ( SK/KD : 4 /
4.1., 4.2., 4.3., 4.4., 4.5., 4.6. )
- Fungsi Mustasyar adalah ………
- Fungsi Tanfidhiyah adalah ……
- Salah satu dari fungsi Syuriyah adalah ……..
- Ketua dan Sekretaris dalam kepengurusan Syuriyah menggunakan istilah ……
- Tingkat kepengurusan NU yang tertinggi adalah ……
- Pengurus NU ditingkat kecamatan disebut …….
- Pengurus NU yang berada diluar negeri disebut …..
- Lembaga NU yang mengurus bidang pendidikan disebut ……
- Lembaga NU yang menangani Pondok Pesantren disebut ………
- Lajnah Falakiyah tugasnya adalah ……..
- Permusyawaratan yang diselenggarakan untuk memilih Pengurus Wilayah NU disebut …….
- Permusyawaratan yang diselenggarakan oleh Pengurus Ranting NU disebut ……
- Anggota NU yang telah dianggap berjasa kepada NU disebut …..
- Pengurus NU diluar negeri harus mempunyai anggota minimal ……
- Pelaksana kebijakan NU yang berkaitan dengan kelompok masyarakat tertentu dan beranggotakan perorangan disebut ……
- Sebutkan secara urut tingkat kepengurusan NU mulai tertinggi sampai terendah !
- Jelaskan perbedaan antara Lembaga NU dengan Lajnah NU !
- Sebutkan 5 contoh Badan Otonom NU !
- Sebutkan 2 macam permusyawaratan yang diselenggarakan oleh PBNU !
- Jelaskan perbedaan antara anggota biasa NU dengan anggota luar biasa NU !
Skor tiap item 5
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh / skor maksimal x 100
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas / Semester :
VII ( Tujuh ) / Genab
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 4xpertemuan)
Standar Kompetensi
5. Meyakini kebenaran faham keagamaan Nahdlatul Ulama
Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan dasar-dasar faham
keagamaan NU
Mendiskripsikan faham keagamaan NU
dibidang aqidah
Mendiskripsikan faham keagamaan NU
dibidang syariah (fiqih)
Mendiskripsikan faham keagamaan NU
dibidang tasawuf
Indikator
1. Menjelaskan
dasar-dasar faham keagamaan NU
2. Menjelaskan
faham keagamaan NU dibidang aqidah
3.
Menjelaskan faham keagamaan NU dibidang syariah (fiqih)
4.
Menjelaskan faham keagamaan NU dibidang tasawuf.
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1. Menjelaskan
dasar-dasar faham keagamaan NU
2. Menjelaskan
faham keagamaan NU dibidang aqidah
3. Menjelaskan
faham keagamaan NU dibidang syariah (fiqih)
4. Menjelaskan
faham keagamaan NU dibidang tasawuf.
B. Materi
Pembelajaran
Faham Keagamaan Nahdlatul Ulama
C. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Penugasan
D. Langkah-langkah
kegiatan
Pertemuan 1
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Menanyakan kesulitan-kesulitan soal ulangan
harian pada pertemuan sebelumnya.
~ Motivasi dan apersepsi
2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§ Siswa menggali informasi dari sumber belajar untuk
mengidentifikasi dasar-dasar faham keagamaan NU
§ Guru menjelaskan ciri utama Islam Aswaja, seperti keseimbangan
antara dalil naqli dan dalil aqli, memurnikan aqidah dari campuran aqidah dari
luar dan tidak mudah mengkafirkan orang.
b. ELABORASI
§ Siswa dan guru Tanya jawab tentang perbedaan dalil naqli dengan
dalil aqli.
§ Guru mendiskripsikan contoh-contoh dalil naqli dan dalil aqli.
§ Guru menjelaskan pentingnya keseimbangan dalam penggunaan antara
dalil naqli dengan dalil aqli.
c. KONFIRMASI
§ Guru melakukan indoktrinasi pada siswa.
§ Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.
Implementasi
Pendikar
Siswa Menjawab
dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil
diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung
jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya.
Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri,
menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3. Kegiatan Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan apersepsi
2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§ Siswa menggali informasi dari sumber belajar untuk
mengidentifikasi faham keagamaan NU bidang aqidah.
§ Guru menjelaskan faham keagamaan NU bidang aqidah.
b. ELABORASI
§ Siswa dan guru membandingkan pendapat golongan-golongan Islam
dalam masalah aqidah.
§ Guru menunjukan kelemahan pendapat golongan lain dan kelebihan
pendapat golongan Aswaja.
c. KONFIRMASI
§ Guru dan siswa melakukan Tanya jawab untuk memperdalam
pembahasan.
§ Guru melakukan indoktrinasi pada siswa tentang faham keagamaan
NU bidang aqidah
§ Siswa dan guru menyimpulkan materi yang dibahas.
Implementasi
Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan
menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak,
Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan
penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk
mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan
tidak berbicara sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui
sesuatu.
3. Kegiatan Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan apersepsi
2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§ Siswa menggali informasi dari sumber belajar untuk
mengidentifikasi faham keagamaan NU bidang fiqih
§ Guru menjelaskan faham keagamaan NU bidang fiqih.
b. ELABORASI
§ Siswa dan guru membandingkan pendapat para ulama fiqih tentang
hokum suatu masalah
§ Guru menunjukan sebab-sebab perbedaan pendapat para ulama fiqih
dalam menyikapi hokum suatu masalah.
c. KONFIRMASI
§ Guru dan siswa melakukan Tanya jawab untuk memperdalam
pembahasan.
§ Guru melakukan indoktrinasi pada siswa akan pentingnya berpegang
pada madhab empat.
§ Siswa dan guru menyimpulkan materi yang dibahas.
Implementasi
Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan
menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak,
Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan
penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk
mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan
tidak berbicara sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui
sesuatu.
3. Kegiatan Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 4
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan apersepsi
2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§ Siswa menggali informasi dari sumber belajar untuk
mengidentifikasi faham keagamaan NU bidang tasawuf
§ Guru menjelaskan faham keagamaan NU bidang tasawuf.
§ Guru menceritakan biografi (perjalanan spiritual) Imam Al
Ghozali
b. ELABORASI
§ Siswa dan guru mengidentifikasi tentang arti zuhud, wara,
tawadlu, takhalli, tahalli dan tajalli.
§ Guru menunjukan keutamaan-keutamaan atau karamah-karamah para
ulama tasawuf
c. KONFIRMASI
§ Guru dan siswa melakukan Tanya jawab untuk memperdalam
pembahasan.
§ Guru melakukan indoktrinasi pada siswa tentang faham keagamaan
NU bidang tasawuf
§ Siswa dan guru menyimpulkan materi yang dibahas.
Implementasi
Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan
menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak,
Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan
penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk
mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan
tidak berbicara sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui
sesuatu.
3. Kegiatan Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah
amaliyah dan tradisi.
~ Buku Tahlil dalam prespektif Al
Qur’an dan As Sunnah
~ Buku NU dan Islam di Indonesia,
tinjauan fiqih dalam politik.
F. Penilaian
~ Pengamatan / Observasi PBM
~ Ulangan Harian.
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP Avisena Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
Lampiran-1
Soal Ulangan Harian ( SK / KD :
5 / 5.1., 5.2., 5.3., 5.4. )
1. Jelaskan pendapat Aswaja tentang sifat-sifat Allah !
2. Bagaimana pendapat Mu’tazilah tentang melihat Allah diakherat !
3. Jelaskan pendapat golongan Aswaja dan golongan Mu’tazilah
tentang Kalamullah !
4. Jelaskan pendapat golongan Ahmadiyah Qadiyan tentang Nabi
Muhammad sebagai Nabi yang terakhir !
5. Jelaskan pendapat kaum Aswaja tentang orang fasiq kelak
diakherat !
6. Sebutkan 4 sumber pokok hokum Islam
7. Sebutkan nama-nama ulama madzhab empat !
8. Jelaskan perbedaan antara qadla dan qadar !
9. Jelaskan tentang :
-
Zuhud
-
Wara
-
Qonaah
-
Tawadlu
10. Jelaskan tentang :
-
Hisab
-
Mizan
-
Shirath
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah :
SMP Avisena Kedungcangkring Jabon
Mata Pelajaran : ASWAJA
Kelas / Semester :
VII ( Tujuh ) / Genab
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 2xpertemuan)
Standar Kompetensi
6. Membiasakan diri dengan amaliyah NU
Kompetensi
6.1. Mendiskripsikan tentang shalat Jumat
6.2. Mendiskripsikan tentang shalat Hari Raya
Indikator
1.
Mendefinisikan shalat Jumat
2.
Menyebutkan hal-hal yang dilakukan dalam shalat Jumat
3. Melafalkan
wirid dan doa sesudah shalat Jumat
4.
Menunjukkan hokum melaksanakan shalat Hari Raya
5.
Menjelaskan keutamaan shalat Hari Raya di masjid
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1.
Mendefinisikan shalat Jumat
2. Menyebutkan
hal-hal yang dilakukan dalam shalat Jumat
3. Melafalkan
wirid dan doa sesudah shalat Jumat
4. Menunjukkan
hokum melaksanakan shalat Hari Raya
5. Menjelaskan
keutamaan shalat Hari Raya di masjid
B. Materi
Pembelajaran
Pelaksanaan Shalat Jumat dan
Shalat Hari Raya.
C. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Penugasan
D. Langkah-langkah
kegiatan
Pertemuan 1
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Menanyakan kesulitan-kesulitan soal ulangan
harian pada pertemuan sebelumnya.
~ Motivasi dan apersepsi
2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§ Siswa menggali informasi dari sumber belajar untuk
mengidentifikasi pelaksanaan shalat Jumat
§ Guru dan siswa mengidentifikasi kesunahan-kesunahan yang
dilakukan sebelum berangkat shalat Jumat.
b. ELABORASI
§ Guru menunjuk beberapa siswa untuk melafalkan niat shalat Jumat.
§ Guru menunjukkan beberapa kesunahan dalam shalat Jumat sebagai
cirri khas kaum Aswaja ( NU )
§ Guru menjelaskan latar belakang dilakukannya adzan Jumat 2 kali.
c. KONFIRMASI
§ Siswa dang guru bersama-sama melafalkan wirid dan doa sesudah
shalat Jumat
§ Guru malakukan indoktrinasi pada siswa
§ Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.
Implementasi
Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan
menggunakan kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak,
Demokratis dalam melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi.
Mengutarakan hasil diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan
penuh tanggung jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk
mengutarakan pendapatnya. Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan
tidak berbicara sendiri, menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui
sesuatu.
3. Kegiatan Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Menanyakan kesulitan-kesulitan soal ulangan
harian pada pertemuan sebelumnya.
~ Motivasi dan apersepsi
2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§ Siswa menggali informasi dari sumber belajar untuk
mengidentifikasi pelaksanaan shalat Hari Raya.
§ Guru dan siswa mengidentifikasi kesunahan-kesunahan yang
dilakukan sebelum berangkat shalat Hari Raya
b. ELABORASI
§ Guru menunjuk beberapa siswa untuk melafalkan niat shalat Hari
Raya dan bacaan yang dibaca pada tiap-tiap takbir.
§ Guru menunjukkan beberapa keutamaan shalat Hari Raya di masjid.
§ Guru menjelaskan latar belakang Rasulullah melakukan shalat Hari
Raya di lapangan.
c. KONFIRMASI
§ Guru malakukan indoktrinasi pada siswa
§ Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.
Implementasi
Pendikar
Siswa
Menjawab dengan rasa tanggung jawab, Siswa memberikan pendapat dengan menggunakan
kata-kata yang bagus dan sopan, tidak memaksakan kehendak, Demokratis dalam
melaksanakan diskusi menerima kesepakatan hasil diskusi. Mengutarakan hasil
diskusi dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dan penuh tanggung
jawab, memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk mengutarakan pendapatnya.
Siswa dapat menghargai teman yang lainnya dengan tidak berbicara sendiri,
menghargai teman yang bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu.
3. Kegiatan Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang
dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah
amaliyah dan tradisi.
~ Buku Tahlil dalam prespektif Al
Qur’an dan As Sunnah
~ Buku NU dan Islam di Indonesia,
tinjauan fiqih dalam politik.
F. Penilaian
~ Pengamatan / Observasi PBM
~ Ulangan Harian. ( Mengerjakan
soal latihan semester genap di buku paket )
Jabon, 3 November 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP Avisena Guru
Mata Pelajaran Aswaja
Ismachil Mahfudloh, S.Pd. Misbachul Munir, S.Th.I
ijin ngambil ya kang..
BalasHapusijin ngambil kang... terimakasih...
BalasHapus